Belasan Motor Terjaring Operasi Knalpot Bising di Cisolok

oleh -
Jajaran Polsek Cisolok menahan sepeda motor yang menggunakan knalpot bising atas pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas dan kamtibmas.

Wartawan M. Ridwan

Ketegasan jajaran Polsek Cisolok, Polres Sukabumi dalam menindak para pemotor yang menggunakan knalpot bising patut diapresiasi. Tanpa ragu Polisi Cisolok memotong knalpot bising yang mengganggu ketertiban dan ketenangan umum. Dalam operasi knalpot bising itu, polisi berhasil mengamankan berlasan sepeda motor.   

banner 970x90

Operasi knalpot bising dilaksanakan bersamaan dengan kegiataan Gebrak (gerakan serentak pakai) Masker yang digelar Satpol PP di depan Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Rabu (19/8/2020).

Para petugas dari kepolisian membekali diri dengan gergaji besi dan peralatan lain untuk memotong knalpot.

Sebagian pemilik motor bising melancarkan protes kecil. Pemotor yang lainnya tampak kikuk ketika petugas menunjukkan kesalahannya. Setelah berdialog beberapa saat, polisi tanpa langsung memotong knalpot bising dari sepeda motor. Setelah lepas, kanlpot tersebut dirusak agar tidak dapat dipergunakan kembali.

“Operasi ini digelar karena ada pengaduan dari masyarakat. Selain itu merupakan perintah langsung dari Kapolres Sukabumi dalam menjaga kamtibmas,” kata Kapolsek Cisolok, AKP Maryandi ditemui di tempat operasi.  

Apapun alasannya, ujar dia, pemasangan knalpot bising pada kendaraan yang sering digunakan untuk berlalu lalang di jalan raya tidak bisa dibenarkan. Knalpot seperti itu mengganggu ketenteraman warga dan tidak jarang memicu keributan dengan warga yang berasa terganggu.

“Kami lepaskan knalpot bising untuk diganti dengan kanlpot yang sesuai standar pabrik,” kata AKP Maryandi.

Semua knalpot hasil operasi dikumpulkan di Mapolsek Cisolok sebagai barang bukti atas pelanggaran aturan lalu lintas. Kapolsek Cisolok mengimbau warga agar tidak menggunakan knalpot bising dan selalu mentaati aturan lalu lintas.  

Di tempat operasi, Kasi Trantib Kantor Kecamatan Cisolok, Ade Purnama mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polsek Cisolok yang telah menggelar operasi knalpot bising.  

Adapun kegiatan Gebrak Masker, ujar Ade, ditujukan kepada pengendara sepeda motor, mobil, dan pejalan kaki yang tidak mengenakan masker. Mereka yang tidak mengenakan masker diberi peringatan keras, juga dikasih masker oleh petugas.

“Gebrak Masker akan terus digalakkan dengan menjalin sinergitas di antara jajaran Muspika Cisolok untuk menjaga kamtibmas. Selain Satpol PP, unsur lain yang terlibat antara lain puskesmas, TP PKK, dan organisasi masyarakat,” ujar Ade. (*)  

Print Friendly, PDF & Email