SDN Desa Cibima Tradisikan Lomba Menghias Kelas

oleh -
Para orang tua siswa kelas 1A bersama guru dan peserta didik meluapkan kebahagiaan dengan berfoto bareng sebelum jam pelajaran atas peraihan piala juara I lomba menghias kelas di SDN Desa Cibima Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

SDN Dewi Sartika Citra Bina Mandiri (Desa Cibima) Kota Sukabumi menjadikan lomba menghias kelas sebagai tradisi tahunan dalam rangka memperingati HUT RI. Setiap digelar lomba tersebut, respon para orang tua sangat tinggi dengan membeli bahan-bahan untuk lomba dan terjun langsung ikut menghias kelas.

banner 970x90

“Tujuan lomba ini untuk menimbulkan, membangkitkan, dan mengingatkan jasa para pahlawan sekaligus mengembangkan karakter positif siswa yang ada di sekolah kami. Melalui lomba ini, kami berupaya untuk menanamkan karakter kebangsaan dan rasa kebersamaan,” kata Wakil Kepala SDN Desa Cibima Bidang Kesiswaan, Hj. Nani Zahara seusai pengumuman pemenang lomba pada upacara bendera, Senin (19/8/2019).

Lomba tersebut membuat suasana ruang belajar dari kelas 1 sampai kelas 6 penuh dengan semangat kemerdekaan dan cinta tanah air karena didominasi hiasan warna merah dan putih. Hiasan yang memeriahkan ruang kelas itu merupakan hasil kreasi para orang tua yang bekerja setelah jam pelajaran sepanjang akhir pekan lalu.

Lomba menghias ruang kelas itu dibagi menjadi dua kategori, kelas bawah dan kelas tinggi. Para juara untuk kelas bawah terdiri dari juara I kelas 1A, jeuara II kelas 2C, dan juara III kelas 3B. Sementara untuk kategori kelas tinggi: juara I kelas 6B, juara II kelas 4B, dan juara III kelas 5A.

“Lomba ini juga sebagai ajang untuk memperkuat silahturahmi di antara para orang tua. Mereka bahu-membahu dan bekerja sama dalam menghias kelas putra-putrinya agar dapat menjadi juara,” tutur Nani.

Wakil Kepala SDN Desa Cibima sangat bersyukur dengan semakin tingginya respon para orang tua siswa yang mendukung lomba menghias kelas, juga untuk semua  kegiatan di sekolah. Tradisi tahunan lomba menghias kelas itu sejalan dengan pencapaian SDN Desa Cibima tahun ini sebagai  pusat PPK (Pendidikan Pengembangan Karakter) di Kota Sukabumi.

Sementara salah satu orang tua siswa kelas 1A,   Ari Sundari menyatakan rasa bangga sekaligus terkejut atas prestasi dapat menjadi juara I lomba menghias kelas untuk kategori kelas bawah. Dia merasa, kerja keras dan perjuangan bersama para orang tua yang lainnya pada lomba tersebut terbayarkan oleh piala dan penghargaan.

“Alhamdulillah kerja sama dan kerja keras kami terbayarkan, anak-anak pun ikut bergembira karena kelasnya menjadi juara,” tutur Ari. (*)

Print Friendly, PDF & Email