HUT RI, RT 14 Juara Umum PHBN Tingkat Desa PDI

oleh -
Sekdes PDI, Aep Saepurohman (kiri) menyerahkan piala bergilir kepada Ujang Junaedi selaku Ketua RT 14 sebagai juara umum PHBN Tingkat Desa PDI. Penyerahan piala disaksikan oleh pelaku sejarah kemerdekaan asal desa tersebut.

Wartawan Usep Mulyana

Kontingen RT 14 RW 04 Desa Pasir Datar Indah (PDI), Kecamatan Caringin,  Kabupaten Sukabumi menyabet piala juara umum Karnaval Pesona Kebangsaan dan Tri Lomba Keagamaan dalam rangka PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional) HUT ke-74 RI. RT tersebut memenuhi semua kriteria yang ditetapkan oleh panitia dan berhasil meraih nilai tertinggi.

banner 970x90

“Untuk menjadi juara umum, warga kami mengerahkan segala kemampuan dan mengembangkan kreativitas, inovasi, juga kekompakan yang menjadi kunci kemenangan. Dalam menghadapi lomba ini, kami  tidak melakukan persiapan khusus,” kata Ketua RT 14, Ujang Junaedi setelah menerima piala dari panitia, Minggu (18/8/2019).

Tema yang diusung rombongan karnaval RT 14 adalah Bhinneka Tunggal Ika. Dengan tema ini, Kontingen RT 14  menunjukkan sisi orisinalitas pakaian tradisional daerah sebagai ciri khas  budaya bangsa.

“Rombongan karnaval dari RT kami juga selalu menjaga ketertiban selama mengikuti pawai. Dari mulai start sampai dengan finish di kantor desa PDI,  rombongan karnaval RT 14 selalu tertib dalam barisan dan taat aturan main,” ujarnya.

Di samping unggul pada lomba karnaval, RT 14 juga menjuarai ajang Tri Lomba Keagamaan. Atas prestasinya itu, RT 14 memperoleh piala tetap dan piala bergilir dari Kepala Desa PDI serta hadiah pembinaan.

Sementara itu Sekdes PDI, Aep Saepurohman mengaku puas dengan penyelenggaraan PHBN tahun ini. Dia menyebut, perayaan HUT RI tahun 2019 jauh lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun lalu, kegiatan peringatan HUT RI dilakukan di setiap kampung. Kali ini berbeda, Pemdes PDI mengadakan acara yang dipusatkan di halaman kantor desa,” jelasnya.

Ditemui di tempat terpisah, salah seorang  panitia, Cepi Umbara menuturkan, peserta terdiri dari utusan yang berasal dari masing -masing RT se-Desa PDI. Semuanya, kata dia, ada 20 RT, dari RT 01 sampai RT 22. Tapi yang dihitung 20 RT karena RT 12 dan 13  tidak ada dalam nomenklatur Desa PDI. (*)

Print Friendly, PDF & Email