Bupati Makan Liwet di Festival Kampung Budaya

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kanan) bersama Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro hadir pada acara Festival Pesta Rakyat ke-18 di Kampung Budaya, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menghadiri Festival Pesta Rakyat ke-18 di Kampung Budaya, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Pada kesempatan itu, bupati ikut menikmati satu dari 200 paket nasi liwet yang disediakan oleh panitia festival.

banner 970x90

“Kami mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Sukamaju ini. Tahun kemarin saya hadir untuk ikut ngaliwet bareng di sini. Alhamdulillah tahun ini saya juga bisa hadir,” kata bupati setelah memimpin pembukaan Festival Pesta Rakyat ke-18 di Kampung Budaya, Minggu (18/8/2019).

Di tempat festival, tampak antusiasme masyarakat yang begitu tinggi. Setiap kelompok warga menyediakan beraneka ragam makanan tradisional yang dikemas di dalam dongdang yakni sejenis tandu yang digotong oleh dua atau empat orang. Sebanyak 102 dongdang berjejer di sepanjang jalan menyambut bupati dan rombongan.

Kehadiran dongdang itu makin bertambah meriah dengan 200 paket nasi liwet yang juga disediakan oleh masyarakat sekitar. Makanan yang terdapat di dalam dongdang dan paket nasi liwet tersebut disajikan untuk seluruh masyarakat yang hadir pada acara festival, termasuk bupati. Festival tersebut merupakan rangkaian dari Gebyar HUT ke-74 Republik Indonesia.

“Kegiatan di Kampung Budaya ini dapat mendorong kemandirian di mana partisipasi masyarakat tumbuh dengan baik untuk memajukan wilayah. Kami mengharapkan ke depannya, kami bisa lebih sering berkumpul di sini bersama masyarakat,” ujar bupati.

Ke depan, lanjut dia, Pemkab Sukabumi akan merencanakan pengembangan infrastruktur lintas pariwisata di kawasan utara. Bupati yakin, pembangunan infrastruktur ini dapat dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat Desa Sukamaju. Karena itu, masyarakat Desa Sukamaju harus siap mendukung rencana tersebut dan nantinya ikut memelihara infrastruktur yang dibangun.

“Konsep kampung budaya berkaitan juga dengan program Nawacita. Program ini harus didukung oleh anak-anak muda untuk mendorong pembangunan ekonomi berbasis kawasan di Kabupaten Sukabumi,” tuturnya.

Pada bagian lain, Marwan menitipkan lingkungan Kampung Budaya untuk dijaga kebersihan dan keasriannya. Dia juga mendorong warga Desa Sukamaju untuk mencari ciri khas yang lainnya agar bisa diangkat sebagai daya tarik bagi wisatawan.

“Kemampuan dan talenta generasi muda di Desa Sukamaju harus terus didorong  dengan diberi ruang untuk meningkatkan kompetensinya sehingga ke depan pemberdayaan masyarakat bisa berkembang lagi,” ucapnya.

Di peresmian Festival Pesta Rakyat itu tampak hadir Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro; Camat Kadudampit, Jenal Abidin; dengan tuan rumah sesepuh Kampung Budaya, Ki Kumpay. (*)

Print Friendly, PDF & Email