Lelang Jabatan Ala Pemdes Caringin Wetan

oleh -
Kepala Seksi Pelayanan Umum Desa Caringin Wetan, Yudi Gunawan

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Posisi jabatan Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem) dan Kepala Dusun (Kadus) Cikembang di lingkungan Pemdes Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi saat ini belum ada pejabat yang mengisinya atau lowong. Untuk mengisi dua posisi strategis itu, Pemdes Caringin Wetan menyelenggarakan lelang jabatan melalui media sosial.

banner 970x90

“Kami menggunakan pola rekrutmen untuk jabatan Kasipem dan Kadus Cikembang lain dari yang lain yaitu dengan memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan informasi lowongan posisi tersebut. Kalau dari pintu ke pintu rasanya terlalu makan waktu,” kata Kepala Seksi Pelayanan Umum Pemdes Caringin Wetan, Yudi Gunawan kepada wartawan, Jumat (19/7/2019).

Fasilitas media sosial yang digunakan Facebook dan aplikasi pesan lintas platform Whatsapp karena dianggap lebih efektif dan efisien. Menurut Yudi, rekrutmen seperti itu kurang lebih sama dengan lelang jabatan.

Rekrutmen pejabat tersebut dibagi dalam dua gelombang dengan gelombang pertama ditutup pada Rabu Pahing, 31 Juli 2019 dan gelombang kedua diclose pada Sabtu Pon, 31 Agustus 2019. Yudi tidak menerangkan lebih jauh, mengapa pendaftaran ditutup pada Rabu Pahing dan Sabtu Pon, tidak pada Selasa Kliwon atau Jumat Wage.

“Setelah masuk lamaran, tim seleksi yang dibentuk oleh desa dan kecamatan akan memeriksa kelengkapan berkas para pelamar. Setelah itu dilakukan tahapa-tahapan seleksi berikutnya,” jelas Yudi.

Para pelamar yang terpilih melalui proses seleksi yang ketat, ujar dia, akan menggantikan  Dewi Ayu Yunaeni sebagai Kasipem dan Dedi Kusnandar sebagai Kadus Cikembang.

“Kedua jabatan tersebut akan  dipermanenkan hingga batas waktu tertentu dengan SK kepala desa,” tambah dia. 

Sementara ini jabatan Kasipem dirangkap oleh Yudi, sementara tugas pokok dan fungsi Kadus Cikembang dijalankan oleh pelaksana tugas yang sehari-hari menjabat Kadus 1 Kongsi, Adang Ruslan. (*)

Print Friendly, PDF & Email