Kampung KB Dapat Eksis Berkat Keikhlasan Masyarakat

oleh -
Bupati Sukabumi menerima salam takzim dari salah satu balita ketika tiba di tempat acara pembukaan pelayanan KKBPK di Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud.

Wartawan Dicky Sopyan

Kehadiran dan eksistensi Kampung KB dapat terjaga karena kuatnya rasa keikhlasan masyarakat dalam melaksanakannya. Dengan keikhlasan, masyarakat berbuat untuk kepentingan bersama bermodalkan kebersamaan demi terlaksananya program-program pembangunan.

banner 970x90

Dari rasa ikhlas lahirlah silaturahmi yang dapat membangkitkan semangat dalam melaksanakan program pembangunan, termasuk Kampung KB.

Demikian hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat meresmikan pembukaan pembukaan pelayanan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) terpadu tahun 2019 di Kampung Datargebang,  Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/7/2019).

Disampaikan bupati, kegiatan yang diresmikannya itu dalam rangka penguatan Kampung KB. Selama ini, kata dia, ikhlas menjadi kata kunci dalam mensukseskan program-program pembangunan. Tanpa keikhlasan dari masyarakat, sulit sekali terwujud partisipasi yang tulus dari masyarakat dalam program pembangunan dengan niat untuk membangun silaturahmi.

“Untuk mensukseskan pembangunan perlu adanya silaturahmi yang terjalin di antara warga. Silaturahmi dapat meningkatkan peran serta masyarakat. Tanpa peran serta masyarakat, sulit sekali mewujudkan Kampung KB yang berhasil, apalagi tanpa keikhlasan dari masyarakat,” ujar bupati.

Program Kampung KB, lanjut bupati, merupakan salah satu implementasi Nawacita ketiga yakni membangun negeri dari pinggiran, menguatkan potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bergerak dari pinggiran, salah satunya dengan program Kampung KB untuk mendongkrak kesejahteraan rakyat yang didasari rasa bahagia dan ketahanan keluarga yang terpenuhi,” tutur bupati. 

Pembukaan pelayanan KKBPK disertai penampilan kreasi musik dan tari-tarian serta penyerahan satu unit closet untuk Kampung KB dan pembagian sembako.

Pada program pelayanan tersebut, penyelenggara juga melaksanakan khitanan massal, pendataan untuk pembuatan dokumen kependudukan,  donor darah yang diikuti sekitar 50 orang, dan pelayanan KB terpadu untuk 90 orang. Untuk pelayanan kependudukan terdiri dari  kartu keluarga untuk 54 keluarga, KTP untuk 74 orang, dan akte kelahiran 34 orang. (*)

Print Friendly, PDF & Email