Menteri KKP Ajak Masyarakat Lestarikan Potensi Laut Sukabumi

oleh -
Kedatangan Menteri KKP Edhy Prabowo (kiri) disambut Wagub Jabar H. Uu Ruzhanul Ulum dan Anggota DPR RI Heri Gunawan beserta Wabup Sukabumi H. Adjo Sardjono ketika tiba di Palabuhanratu.

Wartawan Nanang Setiana

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Edhy Prabowo mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kelestarian laut. Kata Menteri Edhy, hendaknya masyarakat tidak memanfaatkan potensi dan kekayaan laut untuk hal-hal yang merugikan keberlangsungan ekosistem dan habitat perairan.

banner 970x90

Ajakan meteri itu disampaikan dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu, Kamis (18/6/2020). Di Palabuhanratu, Menteri KKP disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum dan Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono.  

Di tempat kegiatan kunjungan itu tampak pula Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan dan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara.

“Saya kagum, potensi perikanan di kawasan laut Palabuhanratu sangat melimpah. Dari tempat ini banyak dihasilkan ikan tuna dan ikan-ikan lainnya yang bernilai ekonomi tinggi. Mari kia bersama-sama menjaga potensi laut Palabuhanratu,” tutur menteri.

Kedatangannya ke Palabuhanratu, ujar Edhy, untuk bersilaturahmi dengan para nelayan di Kabupaten Sukabumi dan meninjau prasarana perikanan di Palabuhanratu. Selain itu dia ingin melihat dari dekat kemajuan  perikanan tangkap di pesisir Kabupaten Sukabumi.

Di PPN Palabuhanratu, Menteri KKP juga menyaksikan penandatangan secara simbolis PKL (Perjanjian Kerja Laut) antara ABK dan pemilik kapal. Menteri juga menyerahkan berbagai jenis sertifikat, bantuan, dan permodalan kepada perwakilan nelayan.  

Sementara itu Wabup Sukabumi menyampaikan apresiasi atas kunjungan Menteri KKP ke Palabuhanratu. Dia mengharapkan kedatangan menteri dapat mendorong terwujudnya pembangunan dermaga Palabuhanratu dan pengembangan PPN Palabuhanratu.

“Pak Menteri bisa langsung melihat dan menyerap secara langsung berbagai informasi aktual pelaksanaan pembangunan bidang kelautan dan perikanan di Kabupaten Sukabumi. Selama ini pemda terus berupaya mendorong para nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan laut,” ujar Adjo.

Harapan pemda dan masyarakat di Kabupaten Sukabumi, khsusunya para nelayan, ujar wabup, kunjungan Menteri KKP dapat mempercepat terwujudnya rencana peningkatan PPN Palabuhanratu menjadi Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Palabuhanratu. (*)  

Print Friendly, PDF & Email