Kades Cimenteng Perhatikan Nasib Warga Pengidap Kanker Payudara

oleh -
Kepala Desa Cimenteng Herry Sobar Winara (ketiga dari kiri, duduk) bersama Ketua Karang Taruna Desa Cimenteng, Nandi (paling kiri, bertopi) ketika menjenguk Ma Misoh yang mengidap kanker payudara.

Wartawan Hamjah

Sikap dan kebijaksanaan Kades Cimenteng, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi, Herry Sobar Winara patut mendapat acungan jempol dan apresiasi. Betapa tidak, di tengah kesibukan dan agendanya yang padat, Kades Herry tetap menyempatkan diri untuk menjenguk salah satu warganya yang terindikasi kuat mengidap kanker payudara.

banner 970x90

Warga yang dikunjungi Herry bernama Ma Misoh (60) yang tinggal di Dusun Cibodas RT 03 RW 03, Desa Cimenteng. Dalam kondisinya yang serba kekurangan, Ma Misoh mendapat cobaan penyakit berat berupa kanker payudara. Selama ini, dia tidak dapat berbuat banyak menghadapi penyakit yang diidapnya karena ketidakberdayaan dan kemiskinan yang dialaminya.

“Saya baru tahu Ma Misoh mengidap kanker payudara setelah  mendapat informasi dari kepala dusun. Selaku kepala desa, saya akan berusaha memberikan bantuan supaya Ma Misoh bisa berobat dan mendapat bantuan lainnya dari pemerintah,” kata Herry ketika ditemui di rumah Ma Misoh, Kamis (18/6/2020).

Herry mendapat informasi tentang keadaan Ma Misoh dari Kadus Cibodas, Akah pada pagi hari. Siangnya dia langsung berangkat ke rumah warganya tersebut. Dia melihat langsung kondisi Ma Misoh yang tinggal di rumah reyot yang nyaris roboh sebatang kara.

“Saya merasa kasihan melihat keadaan beliau. Sebagai pimpinan di desa, saya akan berjuang dengan sekuat tenaga untuk dapat membantu Ma Misoh,” ujar Herry.

Tidak sekedar menjenguk, Herry juga membawa Ma Misoh ke Puskesmas Curugkembar. Dia mengiginkan warganya itu mendapat pengobatan yang baik agar sembuh dari penyakit akutnya.

“Segera saya bawa beliau ke puskesmas untuk mendapat perawatan gratis,” ujar Herry yang dilantik sekitar 5 bulan yang lalu.

Ditanya tentang program renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) dari pemerintah, Kades Herry menerangkan, rumah Ma Misoh belum terdaftar sebagai peserta program tersebut. Tahun ini, di Desa Cimenteng, baru tiga RTLH yang mendapat bantuan untuk renovasi.

“Kami akan mengupayakan rumah Ma Misoh mendapat bantuan untuk renovasi dari pemerintah,” ujar Herry.

Ma Misoh hidup sendirian di rumahnya. Dia berstatus janda. Anak satu-satunya pergi merantau ke Pulau Kalimantan sejak beberapa tahun yang lalu. Sampai sekarang, anaknya itu belum mengirim kabar dari perantauannya.  

Ketua Karang Taruna Desa Cimenteng, Nandi dan beberapa anggotanya yang ikut dalam rombongan Kades Herry mengatakan, dirinya merasa sangat terharu melihat keadaan Ma Misoh. Secara spontan Nandi bertekad ingin membantu Ma Misoh agar mendapat pengobatan dan perawatan medis yang layak.

“Kami juga akan memikirkan bekal selama Ma Misoh menjalani pengobatan dan program bedah rumah untuk beliau. Saya akan mengajak rekan-rekan pengurus Karang Taruna untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu Ma Misoh,” ungkap Nandi.

Selain itu, Nandi dan kawan-kawan juga akan mengumpulkan dana dengan menjual kaos berlogo Cimenteng Mentereng yang akan didedikasikan untuk meringankan beban Ma Misoh. (*)

Print Friendly, PDF & Email