Bupati Optimis Bisa Meraih WTP Keenam Kalinya

oleh -
Penanggung jawab Tim BPK RI Ari Endarto (kanan) menyerahkan LKPD tahun anggaran 2019 kepada Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Wartawan Nanang Setiana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyatakan optimis, Pemkab Sukabumi dapat meraih opini hasil pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dengan predikat sempurna WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) untuk tahun anggaran 2019. Melihat kinerja keuangan dan ketaatan jajarannya pada peraturan dalam penggunaan anggaran, Marwan yakin rasa optimisnya itu dapat menjadi kenyataan.

banner 970x90

Optimisme bupati itu disampaikan pada acara exit permit Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat yang telah menyelesaikan tugas pemeriksaan di lingkungan Pemkab Sukabumi. Penglepasan Tim BPK itu dilaksanakan di Pendopo Sukabumi, Kamis (18/6/2020).

“Optimis dan selalu optimis. Apalagi setiap tahun kinerja keuangan pemda selalu dan terus dievalusi dan diperbaiki berdasarkan hasil pemeriksaan oleh BPK RI,” kata Marwan setelah penglepasan Tim BPK.  

Jika tahun ini, predikat WTP dapat diraih, Pemkab Sukabumi sukses mendapatkan penilaian tertinggi oleh BPK itu enam kali berturut-turut. Peraihan opini WTP pada tahun-tahun sebelumnya, ujar dia, memberikan dorongan kepada aparatur dan jajaran Pemkab Sukabumi untuk bekerja lebih baik dan mempersembahkan yang terbaik bagi daerah.

Sementara itu, Penanggungjawab Tim  BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Ari Endarto mengatakan, pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Sukabumi tahun 2019 dilakukan selama 50 hari. Pelaksanaan pemeriksaannya dilakukan dalam dua tahap.

“Selain melihat data, kami juga turun ke lapangan untuk cek fisik hingga wawancara dengan pelaksana kegiatam,” jelas Ari. 

Tim yang bertugas di Pemkab Sukabumi sebanyak enam orang. Pemeriksaan meliputi  kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah (SAP), kecukupan pengungkapan, efektivitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang –undangan. 

“Terkait penentuan WTP masih ada prosesnya sehingga belum bisa ditentukan dalam waktu cepat ini. Ada tahapannya untuk menentukan WTP suatu daerah, tidak bisa cepat,” kata Ari. 

Pada exit permit itu, Bupati Sukabumi dan penanggung jawab Tim BPK melaksanakan penandatanganan dan penyerahan dokumen berita acara hasil pemeriksaan atas LKPD tahun anggaran 2019. (*)

Print Friendly, PDF & Email