Sebanyak 40 Persen Lulusan Desa Cibima Gunakan Jalur Prestasi

oleh -
Kepala sekolah dan para guru SDN Desa Cibima melepas lulusan tahun 2019 yang baru saja meninggalkan bangku kelas VI setelah lulus ujian sekolah berstandar nasional.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Sebanyak 40 persen dari 116 lulusan SDN Dewi Sartika Citra Bina Mandiri (Desa Cibima) tahun 2019 mendaftarkan diri ke berbagai SMP negeri melalui jalur prestasi. Mereka merupakan siswa pilihan yang selama menempuh pendidikan di SDN Desa Cibima selalu meraih prestasi, baik akademik maupun nonakademi.

banner 720x90

Plt. Kepala Sekolah Desa Cibima, Hj. Paulina Megah Dekrita menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pendampingan dalam proses pendaftaran para siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke SMP pilihannya lewat jalur prestasi. Dengan demikian, para siswa berprestasi tersebut memiliki peluang yang besar untuk diterima di sekolah yang dituju.

“Alhamdulillah kami tidak perlu merasa khawatir. Para siswa berprestasi bisa melanjutkan ke sekolah yang mereka pilih karena pendaftaran pertama jalur prestasi didahulukan, setelah itu baru jalur zonasi,” kata Paulina Megah Dekrita di tengah acara lepas kangen siswa kelas 6 dan kenaikan kelas SDN Desa Cibima di Bale Kinasih,  Selabintana, Sukabumi, Rabu (19/6/2019).

Sejak awal para guru yakin, para siswa berprestasi tersebut dapat diterima di SMP yang dipilihnya. Sebab mereka merupakan siswa yang selama menuntut ilmu di SDN Desa Cibima selalu menorehkan prestasi dalam mata pelajaran maupun ekstrakurikuler seperti olahraga dan kesenian.

Untuk acara perpisahan dan kenaikan kelas, lanjut Paulina, SDN Desa Cibima sengaja memilih lokasi di Bale Kinasih berdasarkan hasil musyawarah para guru yang melibatkan para orang tua. Selain luas, tempat ini cukup jauh dari kesibukan dan kebisingan lalu lintas di kota. 

“Pada momen penglepasan lulusan dan kenaikan kelas, kami ingin memberikan tempat dan acara yang terbaik bagi para lulusan dan para siswa. Acara ini merupakan peristiwa spesial yang akan dikenang oleh alumni yang dilepas. Selain itu pada acara ini kami akan melepas guru yang memasuki masa pensiun dan ada dua orang guru yang ikut seleksi menjadi kepala sekolah,” ujar dia.

banner 720x90

Sementara itu, salah seorang guru SDN Desa Cibima yang juga Ketua Panitia Penglepasan Lulusan dan Kenaikan Kelas tahun 2019, Rika Opsari menerangkan, tema penglepasan alumni tahun ini adalah membangun generasi milenial yang berkarakter dan berakhlak mulia.

Panitia membuat konsep acara seperti wisuda yang disertai prosesi penglepasan siswa diiringi lagu Di Timur Matahari dengan musik lengkap.

“Setelah selesai acara inti yaitu penglepasan lulusan, acara dilanjutkan dengan kenaikan kelas disertai penampilan kreasi seni dari kelas I sampai V,” kata Rika. (*)

Print Friendly, PDF & Email