Kades Girijaya Salurkan Aspirasi Warganya yang Menolak Perpanjangan HGU

oleh -
Kades Girijaya, Hj. Eti Rohayati.

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Kepala Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Hj. Eti Rohayati menunjukkan kesigapan dalam menyalurkan aspirasi warganya yang menolak perpanjangan HGU PT. Jasulawangi. Oleh Eti, aspirasi warganya itu langsung disampaikan kepada Pemkab Sukabumi untuk ditindaklanjuti.  

banner 720x90

“Aspirasi mereka kita tampung untuk disampaikan ke kabupaten agar bisa ditindaklanjuti. Warga menyampaikan aspirasi mereka pada aksi yang digelar pada hari Jumat pekan lalu,” ujar Eti ketika ditemui di tempat bimtek Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kabupaten Sukabumi di Hotel Augusta, Cikukulu, Cicantayan, Rabu (19/6/2019).  

Dalam aksinya, ujar Eti, warga tidak berbiat hal-hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban. Mereka diterima oleh perangkat desa untuk melakukan musyawarah terkait HGU PT Jasulawangi yang memanfaatkan lahan perkebunan untuk budidaya sereh wangi. Musyawarah berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami menerima warga yang menolak perpanjangan HGU perkebunan PT Jasulwangi. Kami membuka diri untuk musyawarah,” tutur dia.

Jumlah peserta aksi tersebut mencapai sekitar 70 orang. Musyawarah berlangsung di salah satu gedung SD di Girijaya. Mereka datang didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Girijaya. Tidak banyak keinginan warga dengan aksinya itu, mereka hanya menyampaikan aspirasi penolakan  perpanjangan kontrak PT Jasulawangi.

“Masyarakat menginginkan tanah HGU tersebut bisa dikelola oleh mereka. Kalau dilihat masa kontraknya, izin HGU perkebunan tersebut habisnya tahun 2021. Tapi masyarakat mengingatkan kami dari sekarang agar ada persiapan sejak dini,” ujar Eti. (*)

banner 720x90
Print Friendly, PDF & Email