Pemdes Cikarang Bagikan Dana Insentif untuk Pengabdi Sosial

oleh -
Kepala Desa Cikarang, Atam menyerahkan dana insentif kepada salah seorang guru ngaji yang berkiprah dalam mencerdaskan anak-anak di desa tersebut.

Wartawan M. Hamjah

Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi membagikan  dana insentif  untuk para pengabdi di bidang sosial dan pemberdayaan masyarakat. Pembagian insentif  tersebut dilaksanakan di Balai Desa Cikarang, Selasa (19/05/2020)

banner 970x90

Para penerima dana insentif  terdiri dari guru PAUD, guru ngaji, kader posyandu, kader PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), dan kader poskesdes. Dana insentif tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020.

Pada acara pembagian dana insentif  itu, Kepala Desa Cikarang Atam dalam sambutannya mengatakan, DD tahap pertama telah dapat dicairkan. Dengan demikian, dia dan jajarannya dapat menyalurkan dana-dana isentif  yang bersumber dari DD untuk berbagai lembaga di desa.

“Kami dari pemerintah desa hanya menyampaikan amanat dari pusat terkait pembagian insentif untuk lembaga di desa. Para penerima insentif sudah tercantum di dalam juklak dan juknis temtang penggunaan anggaran Dana Desa. Hak mereka memang sudah ada meski nilainya tidak seberapa,” tutur Atam.

Secara keseluruhan, besaran dana insentif  untuk kader posyandu mencapai Rp13,5 juta dan guru ngaji Rp14 juta. Besaran ini dibagi dengan jumlah penerima insentif yang ada di Desa Cikarang.

Kades Atam mengharapkan adanya dana insentif  dapat membuat lembaga desa lebih giat dan semangat dalam membantu perputaran roda pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Cikarang. Kiprah para penerima dana insentif memiliki dampak besar terhadap kemajuan pembangunan manusia di desa.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menyalurkan insentif  bagi lembaga desa. Mudah-mudahan ke depan insentif yang diberikan nominalnya bisa bertambah,” tutur Atam. (*)

Print Friendly, PDF & Email