Haji Andri Usulkan Operasi Sapu Bersih untuk Bantuan Sembako

oleh -
Anggota Fraksi PPP DPRD Kabupaten Sukabumi, H. Andri Hidayana.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi PPP, H. Andri Hidayana mendesak Pemkab Sukabumi melalui Dinas Sosial (Dinsos) melakukan operasi sapu bersih sembako untuk menyisir semua warga yang terdampak wabah Covid-19. Dengan operasi tersebut, tidak ada lagi warga terdampak yang tidak kebagian sembako atau bantuan lainnya.

banner 970x90

“Operasi ini penting untuk mencegah ada warga terdampak tidak menerima bantuan. Mereka terlewat karena tidak tercantum pada daftar penerima bantuan sosial. Dengan operasi sapu bersih, tidak ada lagi warga terdampak yang tidak kebagian sembako,” kata Andri ketika ditemui di Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, Jalan Raya Cibolang Desa Cibolang Kales, Kecamatan Cisaat, Selasa (19/5/20).

Di lapangan, ujar Andri, masih ditemukan warga terdampak yang belum mendapatkan jatah bantuan dari pemerintah, baik pusat, provinsi, daerah, maupun desa. Mereka, kata dia, karena sama-sama terdampak Covid-19 berhak mendapatkan bantuan sembako atau bantuan lainnya.

“Dampak Covid-19 ini sangat kompleks, banyak  warga yang mendadak ekonominya merosot. Semua lapisan masyarakat mengalami kesulitan dan kesusahan. Semua harus mendapatkan bantuan,” kata Andri.

Operasi sapu bersih sembako, lanjut dia, diawali dengan penyusunan data penerima bantuan dari berbagai sumber. Data disisir dari bawah sejak tingkat RT. Dari proses ini nantinya akan muncul nama warga yang belum tersentuh program bantuan sosial.

“Jangan pula sampai  terjadi ada warga yang menerima bantuan dari berbagai sumber dana pemerintah. Di sisi lain mereka yang berhak menerima malah gigit jari. Kalau hal itu masih terjadi, bukan tidak mungkin akan menimbulkan koflik dan memicu kecemburuan sosial di tengah masyarakat,” tutur Andri.

Harapan dia, Pemkab Sukabumi dapat mendengar aspirasi rakyat dan jeritan semua lapisan masyarakat yang benar-benar terdampak oleh pandemi Covid-19.  (*)  

Print Friendly, PDF & Email