Realisasi DD Tahap I Desa Talaga Didukung Swadaya Masyarakat

oleh -
Peningkatan jalan desa di Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi dibiayai oleh Dana Desa tahap pertama yang dibantu oleh swadaya masyarakat.

Wartawan AEP SAEPUDIN (Kowasi)

Realisasi Dana Desa (DD) di Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi untuk tahap pertama sebesar 20 persen didukung oleh swadaya dari masyarakat berupa tenaga. Swadaya tersebut disalurkan untuk pembangunan jalan desa yang menghubungkan Desa Caringin dengan Desa Mekarjaya, Kecamatan Caringin.

banner 720x90

“Dalam RAB, panjang jalan itu mencapai 240 meter. Setelah ada swadaya masyarakat sepanjang 10 meter, panjangnya menjadi 250 meter. Lebarnya 2,5 meter,” kata Kepala Desa Talaga, H. Aep Saepuloh saat ditemui di rumahnya, Jalan Caringin, Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Jumat (19/4/2019).

Besarnya dana yang dikucurkan untuk membangun jalan tersebut sebesar Rp70 juta. Aep mengharapkan pengaspalan jalan desa tersebut  bisa memberikan  manfaat kepada masyarakat, khususnya warga di dua desa. Lokasi pembangunan jalan desa di RT 08 RW 04.

“Mudah-mudahan peningkatan proyek ini bisa menunjang  peningkatan perekonomian  masyarakat dan kegiatan warga, terutama petani, pedagang, anak sekolah, dan para karyawan yang sering menggunakan jalan desa,” ujar Aep.

Untuk DD tahap I, Pemdes Caringin telah mencairkannya sebanyak 20 persen atau Rp180 juta. Selain untuk kegiatan fisik pembangunan jalan, dana sebesar itu juga digunakan untuk membiayai kegiatan monev serta pemberdayaan aparatur dan masyarakat.

“Alhamdulillah kami  sedang merealisasikan 20 persen dari Dana Desa tahap pertama tahun 2019. Kami berharap kepada masyarakat untuk mendukung semua program dan kegiatan yang dibiayai Dana Desa agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan  lancar dan sesuai dengan harapan masyarakat,” kata Aep.

banner 720x90

Di tempat terpisah warga Desa Talaga, Heri menyampaikan terima kasih kepada Pemdes Talaga, Pemkab Sukabumi, dan pemerintah pusat yang telah menyalurkan DD untuk pembangunan fisik di lingkungan perdesaan. Dibangunannya jalan desa yang terhubung ke wilayah Desa Mekarjaya dapat membantu masyarakat dalam mobilitas.

“Pembangunan jalan desa ini sangat membantu kami untuk meningkatkan perekonomian warga. Kegunaan jalan ini sangat membantu warga untuk kegiatan ekonomi, pertanian, sosial, dan pendidikan,” ujar Heri. (*)

Print Friendly, PDF & Email