Menko Kemaritiman Anjurkan Nelayan Cisolok Pelihara Lobster dan Kepiting

oleh -
Menko Kemaritiman RI, Jenderal Purn Luhut Binsar Panjaitan membahas berbagai masalah pembangunan pada kunjungan kerja ke TPI Cisolok.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Menko Kemaritiman RI, Jenderal Purn. Luhut Binsar Panjaitan (LBP) mengajak para nelayan Cisolok untuk belajar memelihara atau budidaya lobster dan kepiting. LBP optimis, keterampilan membudidayakan kedua jenis hewan laut itu dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

Ajakan tersebut disampaikan LBP saat melakukan kunjungan kerja sebagai Menko Kemaritiman ke TPI Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Selasa (19/3/2019).

Menurutnya, budidaya lobster dan kepiting dapat dijadikan alternatif mata pencaharian di samping kegiatan penangkapan ikan yang selama ini sudah berjalan untuk mendorong peningkatan kualitas hidup para nelayan.

“Masyarakat, khususnya nelayan bisa mengikuti pelatihan budidaya lobster dan kepiting sehingga memiliki keterampilan atau life skill untuk menunjang kehidupan mereka,” ujar Menko.

Selain anjuran untuk mengikuti pelatihan budidaya lobster dan kepiting, LBP juga membahas banyak hal mulai infrastruktur, pendidikan, peningkatan kepariwisataan berbasis ekonomi kreatif, kesejahteraan nelayan dan petani, serta optimalisasi penggunaan Dana Dasa.

“Infrastruktur yang memadai akan mendongkrak perekonomian di Kabupaten Sukabumi di berbagai sektor. Devisa dari pariwisata akan meningkat. Khusus untuk infrastruktur di Palabuhanratu harus ada perubahan, harus ada pendekatan desain yang bisa meminimalisir pendangkalan,” ujarnya. 

Terkait pengelolaan Dana Desa, Menko Kemaritiman mengharapkan dana tersebut digunakan secara optimal serta berorientasi pada peningkatan kesejahteraan rakyat. Pemerintah terus mengucurkan Dana Desa dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa.

Di akhir pidatonya, dia meminta masyarakat untuk memahami program yang dijalankan oleh pemerintah dan terlibat di dalamnya. Hal ini penting untuk mempercepat pembangunan sehingga masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Sukabumi semakin bertambah baik ke depannya.

Sebelumnya dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono menyampaikan harapan yang diinginkan masyarakat nelayan Cisolok, salah satunya pembangunan TPI yang memadai. Wabup juga meminta bantuan pemerintah pusat untuk merealisasikan pembangunan dermaga.

“Pemeliharaan dan pembangunan dermaga membutuhkan anggaran yang cukup tinggi, oleh karena itu kami mengharap bantuan dari pemerintah pusat,” ujarnya. 

Di lokasi penyambutan tampak hadir Sekretaris Daerah Prov Jabar, Iwa Karniwa;  Dandim 0622 Sukabumi, Letkol Inf Haris Sukarman; Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi; Danpos Angkatan Laut Palabuhanratu, Lettu Laut (T) Ajat Sudrajat; para nelayan; masyarakat; dan undangan lainnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email