Terpilih, Calon Kades Sukamulya Penantang Petahana

oleh -
Warga Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi mengantre di depan TPS untuk memberikan hak suara.

Wartawan Nanang Setiana

Penantang petahana pada Pilkades Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yakni calon kades nomor 1 Dudun, S.Ag. terpilih menjadi Kepala Desa Sukamulya. Dudun meraih dukungan dari masyarakat dengan perolehan suara sebanyak 2.191 pada Pilkades serentak yang digelar Minggu (17/11/2019).

Sementara pesaing terdekat Dudun yakni petahana calon nomor 2 Ade Rosidin  meraih 1.772 suara. Adapun perolehan tiga calon kades yang lainnya adalah nomor 3 Pahruroji meraih 125 suara, calon nomor 4 Sutanta meraih 495 suara, dan calon nomor 5 Eden Suhendar memperoleh dukungan dari 696 warga.

Penghitungan suara Pilkades Sukamulya ditutup dengan resmi pada pukul 22.00 WIB. Sejak pagi hari, warga Desa Sukamulya berbondong-bondong datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya. Dari 7.710 orang pemilik hak suara, warga yang datang ke TPS dan menyalurkan hak suaranya mencapai 5.293 orang. Tingkat partisipasi warga Desa Sukamulya pada pilkades tersebut sekitar 68,6 persen.

Petugas pengamanan dari unsur TNI dan Polri bersiaga di TPS Pilkades Sukamulya.

Sebelum penghitungan suara, panitia membuat berita acara berakhirnya pemungutan suara. Setelah itu, Ucup mewakili panitia membuka segel kotak suara yang disimpan di atas meja. Pembukaan segel kotak ini disaksikan para saksi dari masing-masing calon kades.

Setelah itu, panitia menyiapkan formulir c pleno untuk menampung hasil penghitungan. Selanjutnya panitia meletakkan semua surat suara ke atas meja. Tahap seterusnya membuka satu persatu surat suara untuk dibacakan dan dihitung hasilnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email