Pilkades Kecamatan Caringin, Petahana Bertumbangan

oleh -
Camat Caringin, Anwari tengah melakukan monitoring Pilkades di Desa Sukamulya.

Wartawan Usep Mulyana

Pilkades serentak di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, kuburan bagi para petahana. Pasalnya, dari 4 orang mantan  kepala desa periode lalu,  tidak satu pun yang mampu keluar sebagai pemenangnya. Para petahana yang gagal merebut kursi kades itu terdiri dari Alamsyah (Desa Caringin Kulon), Ijaj Budiana (Caringin Wetan), Uday Supriadi (Mekarjaya), dan Apipah (Desa Sukamulya).

Seluruh Pilkades di Kecamatan Caringin dapat diselesaikan tepat waktu pada Minggu (17/11/2019). Di Desa Caringin Kulon,  keluar sebagai pemenang Abdurrahman nomor urut 4 dengan perolehan suara sebanyak 1.289 suara. Posisi runner up ditempati sang petahana, Alamsyah yang mendulang 421 suara. Sementara di posisi ketiga Iyus Herman dengan perolehan 265 suara. Di posisi ke-4 dan ke-5 Yudi Kusjabaniyah (84) dan Mulyadi (53).

Tidak jauh berbeda dari  Caringin Kulon, di Pilkades Caringin Wetan, Ijaj Budiana, kades Periode 2014-2019, kalah bersaing dari 3 rivalnya. Dalam perolehan suara, Ijaj berada di posisi paling buncit yang meraih 359 suara.

Bertengger di posisi puncak, Dedi Suhendar yang mendapatkan 998 suara. Dedi menyisihkan saingan terdekatnya Ence Mulyana dengan 851 suara yang menempati posisi ke-2 dan Ela Sulfia di peringkat ke-3 dengan perolehan 511 suara.

Persaingan yang cukup alot dan juga menegangkan terjadi di Pilkades Mekarjaya. Di posisi 3 besar antara Aden Soma, Sanudin, dan Uday Supriadi jumlah suara antara mereka bertiga terpaut tipis.  Aden Soma memperoleh suara sebanyak 682 pemilih disusul Sanudin 666 suara dan Uday Supriadi sebagai petahana memperoleh 641 suara. Dua calon kades lainnya Dadan M. Sobandi (482) dan Ujang Suhanda (382).  

Di Desa Sukamulya, Pilkades diikuti 3 calon.  Dari hasil akhir pemungutan suara keluar sebagai pemenang Mahdan Zaenal Abidin dengan 1.425 suara disusul Apipah 657 dan Suhendi 514 suara. 

“Secara umum Pilkades di Kecamatan Caringin berjalan aman dan jurdil.  Alhamdulillah,  Pilakdes di empat desa berjalan dengan baik. Hal ini berkat kerja sama semua unsur panitia lokal,  Muspika Caringin, dan yang terpenting adalah kematangan dan kedewasaan masyarakat dalam berdemokrasi,” kata salah seorang tim monitoring Pilkades di Kecamatan Caringin, Dida Sahida, Senin (18/11/2019).

Print Friendly, PDF & Email