Dispusipda Gelar Lomba Jambore Literasi

oleh -
Puluhan siswa SD/MI se-Kota Sukabumi mengikuti lomba literasi yang digelar Dispusipda setempat dalam rangka Jambore Literasi ke-4.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Kota Sukabumi menggelar berbagai lomba dalam rangka Jambore Literasi ke-4. Lomba literasi tersebut mengusung tema ‘penguatan generasi literer yang religius, nyaman, dan sejahtera menuju Indonesia maju.

Jenis-jenis lomba yang diselenggarakan Dispusipda tersebut antara lain lomba alih wahana teks cerita ke gambar dan  lomba literasi digital untuk siswa SD/MI se-Kota Sukabumi dan lomba pidato bahasa Inggris untuk siswa SMP/MTs. Seluruh tahapan lomba digelar selama tiga hari ke depan bertempat di Dispusipda, Jalan Perpustakaan Kota Sukabumi dengan jumlah peserta 118 orang.

“Para juara lomba akan diumumkan pada pembukaan Jambore Literasi ke-4 yang diselenggarakan di Lapang Merdeka pada Rabu mendatang,” kata salah satu juri yang juga penggiat literasi di Kota Sukabumi, R. Histato Dayanto Kobasah ketika ditemui di Dispusipda Kota Sukabumi, Senin (18/11/2019).

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Dispusipda tersebut, ujar Histato, dalam rangka menyambut penetapan Kota Sukabumi sebagai kota literasi pada tahun 2021. Bersamaan dengan itu, Dispusipda juga terus mengajak masyarakat untuk mmemperkuat tradisi melek baca.

“Salah satu indikasi Kota Literasi itu masyarakat sudah melek aksara, tidak hanya di sekolah, akan tetapi di rumah, lingkungan sekitar, maupun di ruang publik,” kata Histato.

Di tengah kesibukan sehari-hari sebagai Kepala SDN Brawijaya Kota Sukabumi, Histato selalu aktif membantu Dispusipda untuk menggencarkan gerakan literasi di tengah masyarakat. Tidak heran kalau dia sering tampil sebagai juri pada berbagai lomba literasi.

“Saya akan terus mendorong masyarakat Kota Sukabumi agar siap menjadi bagian dari kota literasi,” tuturnya.

Pada lomba-lomba literasi tersebut, setiap sekolah, baik SD, MI, SMP, maupun M.Ts. mengirimkan perwakilannya untuk menjadi peserta. Para peserta lomba akan memperebutkan hadiah dan penghargaan yang disediakan oleh Dispusipda Kota Sukabumi.

“Pada hari Rabu nanti juga akan digelar lomba menulis dan membaca cerpen dan puisi. Perlombaan ini mendapat respon yang baik dari pihak sekolah dan para siswa,” ujar Histato. (*)

Print Friendly, PDF & Email