Distan Salurkan DAK untuk Membangun Sumur Dangkal

oleh -
H. Ajat Sudrajat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi

Wartawan Dicky Sopyan

Guna mengatasi kekeringan dan menanggulangi dampak musim kemarau, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi membangun puluhan sumur dangkal yang lokasinya tersebar di berbagai kecamatan. Pembangunan sumur tersebut diprioritaskan bagi wilayah-wilayah yang mengalami dampak kekeringan paling parah.

banner 970x90

Infrastruktur pertanian untuk penyediaan air itu didukung oleh bak penampung air dengan ukuran 3 x 3 meterpersegi dengan tinggi 2,5 meter. Sumber dana untuk membangun sumur dangkal tersebut berasal dari Dana Alokasi khusus ( DAK) tahun 2019 dengan anggaran tiap unit sebesar Rp182 juta. Dana tersebut diserahkan kepada kelompok tani (poktan) yang menerima bantuan.

“Pengerjaannya dilakukan secara swakelola dan gotong royong oleh poktan. Sampai sekarang, tingkat penyelesaiannya sudah hampir 100 persen,” kata Kepala Distan Kabupaten Sukabumi, H. Ajat Sudrajat kepada wartawan, Rabu (18/9/2019).

Jumlah poktan yang menerima bantuan dana untuk membangun sumur dangkal mencapai 23 poktan. Kelompok-kelompok para petani itu berdomisili di berbagai desa yang menyebar di beberapa kecamatan. Kriteria poktan untuk dapat menerima bantuan adalah lahan pertanian yang diolahnya mengalami kekeringan yang sangat parah.  

“Dengan adanya sumur bor, mesin penyedot air,  dan bak penampung air, puluhan poktan di Kabupaten Sukabumi dapat memiliki semangat dan harapan baru bisa mengolah lahan pertanian sepanjang tahun,” ujar Kepala Distan.

Lahan di Kabupaten Sukabumi, lanjut Ajat, berbeda dengan daerah lain, pada musim kemarau masih bisa ditanami jenis tanaman lain seperti palawija. Asalkan ada pasokan air pada awal musim tanam, palawija dapat tumbuh hingga buahnya dipetik.

“Di daerah lain, lahan pertaniannya sama sekali tidak dapat ditanami pada musim kemarau. Di daerah kita, walaupun sawah kekeringan, lahannya tetap bisa ditanami palawija. Karena itu kami mendorong para petani agar tetap produktif di tengah musim kemarau dengan memberikan bantuan sumur dangkal,” jelas Ajat.

Daftar poktan yang menerima kucuran dana untuk pembangunan sumur dangkal antara lain Mekar Tani di Desa Cibadak Kecamatan Pabuaran, Cidaun Jaya Desa Sudajaya Girang Kecamatan Sukabumi, Sugih Tani Desa Cijurey Kecamatan Gegerbitung, Tani Asih 2 Desa Padaasih Kecamatan Cisaat, Cierang Jaya Desa Wangunsari Kecamatan Cisolok.

Selanjutnya Poktan Sukamaju Desa Cikelat Kecamatan Cisolok, Babakan Baru Desa Magunjaya Kecamatan Waluran, Karet Jajar Desa Pasiripis Kecamatan Surade,  Mekarsari Desa Tanjung Kecamatan Jampangkulon,  Tani Mukti Desa Sukamaju Kecamatan Cikakak, Sejahtera Desa Cibodas Kecamatan Palabuhanratu,  dan Poktan Tunas Karya Desa Bojongtipar Kecamatan Jampangtengah. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email