Bupati Ingatkan Generasi Penerus Hormati Perjuangan Pahlawan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kiri) menyerahkan bingkisan kepada salah seorang pejuangan bangsa pada acara silaturahmi seusai upacara peringatan HUT ke-74 RI di Palabuhanratu.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengingatkan generasi muda dan generasi penerus bangsa untuk selalu menghormati dan menghargai perjuangan para pendahulu bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raga di masa lalu. Karena kemerdekaan bangsa yang telah dinikmati bangsa Indonesia selama 74 tahun merupakan hasil pengorbanan dan perjuangan mereka. 

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan pada cara silaturahmi dan ramah tamah dengan para perintis kemerdekaan dari Angkatan 45, Veteran, Pepabri, PWRI, Warakawuri, dan tokoh masyarakat di aula Setda Kabupaten Sukabumi, Jalan Siliwangi Palabuhanratu, Sabtu (17/8/2019). Acara yang digelar setelah upacara peringatan HUT ke-74 RI itu merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para pejuang bangsa.

“Proklamasi Kemerdekaan RI merupakan momentum bersejarah yang tidak mungkin dilupakan. Pada 74 tahun yang lalu bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dari belenggu penjajah sebagai hasil cucuran keringat, darah, dan perjuangan para pahlawan,” ujar bupati.

Bertolak dari nilai-nilai semangat 45,  peringatan HUT RI merupakan salah satu wujud penghargaan bangsa kepada para pahlawan atas pengabdian, perjuangan, dan pengorbanan mereka demi terwujudnya kemerdekaan bangsa Indonesia. Para pahlawan, tutur Marwan, telah mengorbankan jiwa, raga, dan harta untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Generasi penerus, lanjut dia, berkewajiban dan bertanggung jawab untuk melestarikan nilai-nilai luhur perjuangan para pahlawan dan menyebarkan  makna perjuangan dan pengorbanan mereka. Penting pula mengambil suri teladan dari perjuangan para pahlawan. 

Pada kesempatan itu, bupati menyerahkan tanda mata kadeudeuh kepada 13 orang janda PKRI, 26 anggota LVRI 26, 15 orang dari DHC 45, 19 dari Pepabri, dan 22 orang anggota PWRI. 

Di tempat kegiatan tampak hadir unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi antara lain Ketua Sementara DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara; Kapolres Sukabumi,  AKBP Nsriadi; dan Dandim 0622, Letkol Inf. Haris Sukarman.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi, Hj. Teja Sumirat menjelaskan, tujuan acara silturahmi dengan para pejuang itu adalah untuk  melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur keperintisan, kepahlawanan, dan kejuangan.

“Nilia-nilai tersebut harus dilestarikan, dihayati, dan diamalkan sebagai salah satu unsur perekat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Teja. (*)

Print Friendly, PDF & Email