Bagian PPKSD Bagikan Sembako di Baros

oleh -
Kabag PPKSD Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar menyerahkan paket sembako kepada salah satu warga Kelurahan Baros dalam rangka Hari Kesadaran Nasional.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerja Sama Daerah (PPKSD) Setda Kota Sukabumi menggelar pembagian sembako kepada warga terdampak wabah Covid-19 di Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Jumat (17/7/2020). Kegiatan tersebut dalam rangka Hari Kesadaran Nasional ang jatuh setiap tanggal 17 untuk meningkatkan kualitas pengabdian dan pelayanan ASN kepada masyarakat.

banner 970x90

“Kami sebagai anggota Korpri ingin berkiprah lebih banyak membantu warga yang terdampak wabah Covid-19. Nantinya akan ada tagline Korpri Kota Sukabumi aksi, setiap tanggal 17 kami membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Kabag PPKSD Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar setelah memberikan paket sembako di Kelurahan Baros. 

Atas imbauan Wali Kota Sukabumi, setiap Kepala SKPD dan Kepala Bagian harus memiliki wilayah binaan untuk membantu percepatan penanganan Covid-19, termasuk membantu warga terdampak wabah. Bagian PPKSD Setda Kota Sukabumi kebagian jatah Kelurahan Baros sebagai wilayah binaannya.

Pembagian sembako tersebut sudah berjalan selama dua kali untuk dua bulan. Dana untuk membeli paket sembako bersumber dari iuran anggota Korpri yang dipotong dari Tunjangan Kinerja (Tukin) dan sumbangan pihak ketiga.

“Hari ini kami membagikan 30 paket sembako dan 250 masker,” jelas Rahmat. 

Tugas lain perangkat daerah dan bagian di kelurahan binaannya adalah mengawasi pelaksanaan peran dan fungsi gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di tingkat RT dan RW dengan fokus pada program RW Siaga. ASN juga gencar menyampaikan sosialisasi tentang protokol kesehatan kepada gugus tugas RT dan RW.

“Sesuai dengan arahan dari wali kota, RW Siaga itu harus ada di setiap wilayah. Kita tahu, Kota Sukabumi bisa meraih predikat zona hijau itu salah satunya karena berkat kerja keras gugus tugas RT dan RW,” terangnya.

Penanganan Covid-19, lanjut dia,  bukan hanya tugas pemerintah. Masyarakat juga harus berperan aktif di dalamnya antara lain melalui RW Siaga dan gugus tugas RW dan RT. Selama ini RW Siaga aktif mensosialisasikan protokol kesehatan melalui wawar berkeliling permukiman warga dengan menggunakan pengeras suara. (*)

Print Friendly, PDF & Email