Tidak Lama Lagi Jalan Provinsi di Jalur Tengah Menjadi Mulus

oleh -
H. Dola Adrena

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Beberapa ruas jalan milik Pemprov Jawa Barat yang membentang di wilayah Kabupaten Sukabumi tidak lama lagi berubah menjadi jalur yang mulus. Ruas-ruas jalan yang akan dijadikan proyek peningkatan jalan itu terletak di jalur tengah yang meliputi Kecamatan Jampangtengah dan Cikembar.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Kepala Sub Unit Pengelolaan (KSUP) Wilayah 2 Sukabumi pada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat, H. Dola Adrena ketika dihubungi wartawan, Rabu (17/7/2019). Pernyataan Haji Dola itu untuk memenuhi harapan warga yang telah beberapa kali melakukan unjuk rasa untuk menutut perbaikan jalan.

Pada tahun 2019, kata Dola, Pemprov Jabar menganggarkan dana untuk peningkatan jalan yang berada di bawah pengelolaan KSUP Wilayah 2 Sukabumi. Dia mengharapkan tuntutan warga dapat terpenuhi dengan kegiatan peningkatan dua ruas jalan tersebut.

“Dua ruas jalan di bawah pengelolaan kami akan ditingkatkan sesuai harapan masyarakat. Ruas jalan tersebut yaitu jalur  Cikembar-Jampangtengah sampai dan Jampangtengah-Kiaradua,” ujar Dola.

Ruas jalan Cikembar-Jampangtengah yang dibangun panjangnya mencapai 2 kilometer dengan konstruksi beton. Jalur ini melewati Markas Yonif 310/Kidang Kencana. Sistem pengerjaannya berdasarkan skala prioritas dengan mendahulukan ruas jalan yang tingkat kerusakannya paling parah.

Satu lagi ruas Jampangtengah-Kiaradua yang panjangnya 4 kilometer. Pada ruas ini, sepanjang 2 kilometer menggunakan konstruksi beton dan 2 kilometer lagi dengan lapisan aspal. Kedua proyek ini disertai dengan penataan sistem drainase untuk menjaga ketahanan dan keawetan jalan. 

“Kami ingin segera menjawab tuntutan warga yang terus-menerus memprotes kerusakan jalan di sekitar Jampangtengah. Mudah-mudahan proyek ini dapat memenuhi harapan masyarakat. Kami tidak dapat memperbaiki jalan sekaligus, pelaksanaannya dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan rencana dan ketersediaan dana,” tutur Dola.

Proyek peningkatan jalan tersebut, jelas Dola, sudah lama direncakan oleh  UPTD Balai Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan Sukabumi 2 yang secara struktural berada di bawah Dinas BMPR Provinsi Jawa Barat. Dola sendiri merupakan bagian dari balai tersebut.

“Proses lelangnya sedang berjalan. Mudah-mudahan proyek tersebut segera terwujud,” ujarnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email