Puluhan Peserta Ramaikan Surfing Exhibition Pantai Loji

oleh -
Sekelompok siswa SD dengan semangat ambil bagian dalam aksi bersih-bersih pantai di Pantai Loji yang merupakan rangkaian dari kegiatan surfing exhibition.

Wartawan M. Ridwan

Puluhan peserta meramaikan surfing exhibition yang digelar di Pantai Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Mereka merupakan peselancar pemula dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Kehadiran para peserta ekshibisi tersebut memeriahkan pembukaan surfing exhibition yang diresmikan di Pantai Loji, Kamis (18/7/2019).

banner 970x90

“Kegiatan ini pertama kali diadakan di Pantai Loji. Tujuannya selain untuk mencari bakat peselancar juga untuk mensosiliasikan Pantai Loji yang bersih dan bebas sampah,” kata salah satu panitia yang juga admin my palabuhanratu, Nurlela kepada wartawan di tempat pembukaan surfing exhibition.

Jadi, ujar Nurlela, fokus kegiatan adalah pengumpulan sampah di Pantai Loji agar salah satu objek wisata di Kabupaten Sukabumi ini bebas dari sampah. Adapun ekshibisi peselancar hanya untuk daya tarik guna membangkitkan minat masyarakat terhadap gerakan kebersihan Pantai Loji.

Di tempat pembukaan ekshibisi tampak hadir para pejabat daerah antara lain Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono, Danrem 061 Suryakancana Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya, Dandim 0622 Letkol Inf Haris Sukarman, dan Kabid Kebersihan pada DLH Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska.

“Selama ini beban Pantai Loji terlalu berat karena harus menampung kiriman sampah dan kotoran  dari Sungai Cimandiri,” jelas Nurlela.

Sebelum ekshibisi dimulai, panitia menyelenggarakan aksi bersih-bersih Pantai Loji yang diikuti sekitar 2.000 orang dari kalangan pelajar, ormas, TNI, Polri, dan unsur pemda. Para peserta aksi  mengumpulkan sampah anorganik seperti plastik dan styrofoam yang dikumpulkan di dalam plastik besar.

Wabup Sukabumi Adjo Sardjono mengapresiasi panitia yang menyelenggarakan aksi bersih-bersih pantai tersebut. Dia memuji kepedulian panitia eskhibisi yang tidak hanya mencari bibit peselancar, tetapi juga peduli pada kebersihan pantai. Wabup sendiri yang meresmikan event bertema Loji Talanca Beach Clean Up dan Surfing Exhibition tersebut.

“Kegiatan ini harus terus digalakkan agar persoalan sampah di pantai cepat teratasi. Kalau pantai dalam keadaan bersih, wisataan dan peselancar akan merasa nyaman berada di lingkungan pantai,” ujar wabup.

Sementara itu, Denis Eriska mewakili DLH Kabupaten Sukabumi menerangkan, gerakan massal bersih-bersih pantai di Loji itu merupakan yang keempat kalinya. Aksi tersebut penting untuk memberikan rangsangan kepada masyarakat lokal agar peduli terhadap lingkungan.

General Manager UJP PLTU Jabar 2 Palabuhanratu, Rolly menyambut kegiatan tersebut karena pantai yang bebas sampah dapat menunjang operasional mesin pembangkit tenaga listrik. PLTU Palabuhanratu termasuk korporasi yang memperhatikan lingkungan yang aman, bersih, hijau, andal, dan efisien.

“Kami sangat merespon setiap kegiatan peduli lingkungan seperti bersih-bersih pantai seperti ini,” ujar Rolly. (*) 

Print Friendly, PDF & Email