Perumdam TBW akan Mensurvei Mata Air Babakan Jampang

oleh -
Direktur Perumdam TBW, Abdul Kholik Fadjawani.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Perusahaan Umum Daerah  Air Minum Tirta Bumi Wibawa (Perumdam TBW) tertarik untuk meneliti potensi mata air di Babakan Jampang Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. BUMD milik Pemkot Sukabumi tersebut akan turun ke lokasi untuk memastikan potensi air bersih yang terdapat di mata air Babakan Jampang.

banner 970x90

“Informasi tentang mata air di Babakan Jampang baru kami ketahui lewat berita. Untuk mengetahui debit air dan potensi pada mata air tersebut, kami harus melakukan survei,” kata Direktur Perumdam TBW, Abdul Kholik Fajdawani ketika dihubungi lewat telepon selulernya, Kamis (18/6/2020).

Melalui survei yang dilakukannya, ujar dia, jajarannya akan mengetahui potensi dan debit air yang dihasilkan mata air di Babakan Jampang. Survei juga dapat menentukan tingkat kelayakan mata air itu untuk dijadikan salah satu sumber air oleh Perumdam TBW Kota Sukabumi.

“Apabila kualitas air bagus dan debit airnya besar, kami akan mengajukan kerja sama pengelolaan dengan pemilik lahan. Kami penasaran dengan berita terkait mata air di Babakan Jampang. Karena itu kami akan segera melakukan survei ke sana,” tutur Abdul. 

Selama ini, air dari mata air di Babakan Jampang milik Hasan Fuad dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan air bersih rumah tangga dan pengairan lahan pertanian.

“Sebenarnya sumber air kami masih sangat terbatas. Karena itu kami tertarik untuk meneliti dan mensurvei mata air yang memiliki potensi untuk dijadikan sumber air bersih,” ujar Abdul.

Perumdam TBW akan menindaklanjuti setiap informasi dari masyarakat tentang mata air baru. Semakin banyak sumber air yang dimiliki perusahaan tersebut, semakin meningkat pelayanan yang dapat diberikan kepada masyarakat, khususnya para pelanggan.

“Tapi kami harus mengecek dulu ke lokasi untuk memastikan debit dan kelayakannya sebagai sumber air perusahaan yang kami kelola,” ujar dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email