Pemohon SKCK Melonjak Drastis Selepas Lebaran

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro memantau keadaan SPKT yang menyelenggarakan pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pasca Idul Fitri 1440 Hijriyah, tingkat pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau lebih populer dengan sebutan surat keterangan berkelakuan baik di Mako Polres Sukabumi Kota dari hari ke hari makin bertambah. Setiap hari selepas Lebaran lalu, Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Sukabumi Kota dipenuhi warga yang akan membuat SKCK.

“Tidak seperti biasanya, jumlah pemohon SKCK terus melonjak sampai berkali-kali lipat dari keadaan normal,” kata Kapolres Sukabumi Kota,  AKBP Susatyo Purnomo Condro saat memantau keadaan di SPKT, Selasa (18/6/2019).

Diperkirakan, kenaikan jumlah pemohon SKCK selama dua minggu ke belakang ini mencapai 4 sampai 6 kali lipat dibandingkan keadaan pada hari biasa. Dalam keadaan normal, para petugas SPKT menerbitkan SKCK untuk 150 orang pemohon.

“Akhir-akhir ini, para petugas kami harus melayani pemohon SKCK yang jumlahnya bisa mencapai 800 hingga 900 orang. Waktunya bertepatan dengan masa kelulusan sekolah dan setelah liburan Lebaran,” kata Kapolres.

Untuk mengantisipasi membludaknya pemohon SKCK, AKBP Susatyo memerintahkan jajarannya untuk membuat loket tambahan disertai penambahan petugas  dan pembuatan tenda pelayanan. Semua itu untuk  memastikan bahwa pelayanan SKCK bagi masyarakat sesuai dengan komitmen pelayanan yang bisa terlayani dalam waktu 30 menit. 

“Kami ingin memastikan bahwa kualitas pelayanan kepada masyarakat, baik kecepatan,  keramahan, maupun kebersihan tetap terjaga. Juga termasuk prosedur pembayaran harus sesuai dengan ketentuan Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar Rp30 ribu,” tutur Kapolres.

Bila diperlukan dan untuk meningkatkan pelayanan, Polres Sukabumi Kota juga akan melayani pembuatan SKCK pada malam hari, baik di tingkat Polres maupun Polres. AKBP Susatyo juga memastikan, persediaan blanko SKCK tetap aman. Para pemohon juga bisa mendaftar melalui online website Polres Sukabumi Kota untuk mendapatkan barcode SKCK. 

“Para pemohon membuat SKCK untuk sekolah, kuliah, atau melamar pekerjaan. Kami tidak membatasi jumlah pemohon untuk SKCK,” ujar Kapolres. (*)

Print Friendly, PDF & Email