Pemkot Sukabumi Tingkatkan Sarana Objek Wisata Cikundul

oleh -
Gerbang masuk ke objek wisata pemandian air panas Cikundul tertata dengan rapih yang dilengkapi penampilan karya lukis di sekitar lingkungan objek wisata.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pemkot Sukabumi melalui Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) terus meningkatkan berbagai prasarana dan sarana di objek wisata pemandian air panas Cikundul. Pasalnya objek wisata air panas ini merupakan salah satu obyek wisata unggulan serta masuk ke dalam KSDP (Kawasan Strategis Destinasi Pariwisata) Zona 3 di Kota Sukabumi.

“Penambahan sarana dan prasarana di objek wisata pemandian air panas Cikundul bertujuan untuk meningkatkan pengunjung dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi,” kata  Kepala Bidang Pariwisata pada Disporapar Kota Sukabumi, Yudi Yustiawan kepada wartawan, Selasa (18/6/2019).

Dari hari ke hari, kehadiran objek wisata pemandian air panas yang terletak di Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi itu makin mendapat tempat di kalangan para penggemar wisata alam. Wajar jika pemda setempat sangat antusias mengembangkan sarana dan prasarana pendukung di objek wisata yang terletak di perbatasan dengan wilayah Kabupaten Sukabumi tersebut.

Objek wisata pemandian air panas Cikundul mengandalkan pemandangan alam berlingkungan hijau dan sejak. Tempat rekreasi ini terletak di pinggir Sungai Cimandiri yang bunyi airnya bergemuruh sepanjang waktu. Ketika menikmati air hangat di kolam rendam, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan perbukitan hijau di seberang sungai.

Sarana yang baru-baru ini dibangun di objek wisata tersebut antara lain saung yang menampilkan ciri tradisi Sunda. Posisi saung ini menghadap langsung ke Sungai Cimandiri. Selain itu, ada bebatuan yang dipenuhi lukisan karya pelukis terkenal. Di lingkungan objek wisata itu juga terdapat Pasar Digital Cikundul yang pembuatannya diprakarsai oleh GenPi (Generasi Pesona Indonesia) Kota Sukabumi.

Selain pemandian air panas, objek wisata yang nasuk ke dalam  KSDP Zona 3 Kota Sukabumi adalah KAC (Kawasan Agroeduwisata Cikundul). Air pemandian Cikundul merupakan satu paket yang saling melengkapi dengan KAC yang  mengembangkan wisata edukasi, konservasi, dan wisata alam berbasis pertanian. (*)

Print Friendly, PDF & Email