Diklatpim Harus Hasilkan Pegawai yang Bisa Melayani Rakyat

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mendorong para peserta Diklatpim III Angkatan VI dan VIII untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) harus bisa menghasilkan pegawai yang bisa melayani masyarakat. Karena itu, seluruh peserta diklat ini mesti mengetahui dan mempraktikkan aspek-aspek pelayanan yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Harapan tersebut disamapaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika meresmikan Diklatpim Tingkat III angkatan VI dan VII di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi, Desa Cisande, Cicantayan, Selasa (18/6/2019). Kehadiran para pegawai termasuk peserta diklat tersebut, ujar Marwan, harus bisa memberikan manfaat kepada rakyat.

“Selain bisa melayani masyarakat, para peserta diklat ini mesti mampu menjadi manajer yang bisa memimpin bawahan dengan baik serta menggali segala potensi termasuk potensi alam yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi agar bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Marwan.

Jumlah peserta Diklatpim III angkatan VI dan VII sebanyak 70 orang yang berasal dari berbagai SKPD di lingkungan Pemkab Sukabumi. Di tempat pembukaan diklat tampak hadir Kepala BKPSDM Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman sebagai tuan rumah; Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Didi Supardi, dan perwakilan dari BPSDM Provinsi Jabar, Yogi.

Selaku penyelenggara, Ade Suryaman menjelaskan, dari 70 peserta Diklatpim III tersebut sebanyak 10 orang telah menduduki jabatan eselon III, sedangkan selebihnya 60 orang belum menduduki jabatan eselon III.

“Peserta yang 10 orang itu sebenarnya sudah lulus seleksi jabatan mulai tahun 2015 sampai dengan 2017. Mereka mengikuti pendidikannya sekarang untuk menyesuaikan dengan jabatan yang diembannya,” jelas Ade.

Setelah mengikuti Diklatpim, lanjut dia, para peserta dituntut untuk dapat menterjemahkan visi misi Bupati Sukabumi yaitu  menuju Kabupaten Sukabumi yang lebih baik, religius, dan mandiri ke dalam tugasnya sehari-hari. Selain itu, selama menjalankan tugasnya, mereka harus melahirkan inovasi-inovasi yang mendukung pencapaian visi tersebut.

“Kabupaten sukabumi ini kaya dengan sumber daya alam. Agar sumber daya alam tersebut bisa mendatangkan manfaat bagi rakyat, para pegawai harus melahirkan inovasi-inovasi untuk mengolah dan mengelolanya supaya secara berkelanjutan mendatangkan manfaat bagi rakyat dan menunjang kemajuan daerah,” kata Ade. (*)

Print Friendly, PDF & Email