Dekranasda Apresiasi Pelatihan Bisnis Online untuk UKM

oleh -
Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Jatnika Marwan menyampaikan harapan lahirnya pelaku usaha tangguh dari pelatihan bisinis online dari kalangan UMKM.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi mengapresiasi penyelenggaraan pelatihan bisnis online tahap II untuk kalangan pelaku UMKM. Pelatihan seperti itu sangat bermanfaat bagi UMKM untuk mengembangkan dan memajukan kapasitas usaha mereka.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Jatnika Marwan saat menyampaikan arahan pada pembukaan pelatihan bisnis online bersama situs trading Online Shopee di aula Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Cikembar, Kamis (18/4/2019).

“Kami menyampaikan apresiasi terhadap pelatihan ini. Kami yakin dari pelatihan bisnis online akan lahir para pelaku usaha tangguh dan handal.  UMKM yang handal akan memperkuat perkonomian di Sukabumi bahkan perekonomian bangsa,” ujar Yani.

Dalam upaya pengembangan usaha, yang penting bagi pelaku usaha adalah terus berusaha, menghargai dan menempuh prosesnya, dan membangun kepercayaan masyarakat dengan kualitas produk yang teruji. Selain itu pelaku usaha harus mengikuti dan menyikapi perkembangan bisnis berbasis digital secara bijak tanpa harus meninggalkan bisnis dengan pola konvensional.

“Prinsipnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jalani usaha dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas,” tutur Yani. 

Untuk meningkatkan jaringan pemasaran, lanjut dia, UMKM  bisa memanfaatkan Gerai Dekranasda yang ada di Cisaat. Melalui gerai tersebut, UMKM dapat mempromosikan dan memperkenalkan produknya kepada masyarakat pada outlet-outlet yang tersedia di dalamnya.

Pelatihan bisnis online tahap II tersebut merupakan hasil kerja sama Disdagkop dan UKM Kabupaten Sukabumi melalui PLUT dengan Diskominfosan dan Shopee. Pada tahap kedua ini diundang para peserta yang tidak terakomodir pada pelatihan tahap pertama.

“Pelatihan ini diselenggarakan sebagai ikhtiar untuk mempersiapkan para pelaku UMKM supaya memiliki pemahaman bisnis yang mapan dan komprehensif. Selain mendorong keterampilan bisnis, pelatihan juga untuk membangun mindset dan mental entrepreunership,” kata Kepala Disdagkop dan UKM Kabupaten Sukabumi, H. Ardiana Trisnawiyana pada sambutan pembukaan pelatihan.

Pada pelatihan itu para peserta mendapatkan fasilitas materi persentasi, merchandise, E-certificate, fasilitas gratis ongkos kirim, berjualan di e-commerce shopee, dan foto produk. (*)

Print Friendly, PDF & Email