Meraih Predikat Terbaik, Camat Citamiang Hadiri Pameran di Bali

oleh -
Camat Citamiang, Kota Sukabumi, Fitrya Kusnaningsih (kedua dari kanan) bersama sejumlah pejabat Pemkot Sukabumi pada pameran pelayanan publik di Bali.

Wartawan YUS F. PURWASARI (PWI)

Camat Citamiang, Kota Sukabumi, Fitrya Kusnaningsih mengaku kebingungan menjawab pertanyaan dari berbagai kalangan tentang prestasi yang diraihnya sebagai kecamatan terbaik se-Indonesia. Dia menerima banyak pertanyaan setelah Kecamatan Citamiang ditetapkan sebagai peraih anugerah zona integritas dan layanan terbaik 2018 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).  

“Sejak Kecamatan Citamiang ditetapkan menjadi kecamatan terbaik bersama Kecamatan Ngawi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, kami sering mendapat pertanyaan mengenai cara meraih pretasi tersebut,” kata Fitrya ketika ditemui di kantornya, Senin (18/3/2019).

Selama ini, lanjutnya, dia dan jajarannya menjalankan tugas secara normal dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kantor kecamatan. Tak ada yang istimewa, Fitrya hanya mendorong bawahannya untuk terus membudayakan kerja yang baik dan melayani masyarakat dengan optimal.

“Kami tidak tahu ada tim dari Kementerian PAN-RB menilai kinerja kami.  Penilaian terkait kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik oleh kementerian dilakukan tanpa diketahui oleh kami. Tim penilai langsung terjun ke tengah masyarakat,” ujar dia.

Pertanyaan yang sama juga diterima Fitrya dari daerah-daerah lain ketika dia mengikuti pameran layanan publik di Bali. Sebagai kecamatan terbaik, Kecamatan Citamiang dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi membuka stand pada pameran di acara simposium reformasi birokrasi forum Public Administration Reform and National Development in Indonesia, Korea, and Southeast Asia di Denpasar, Bali 13-15 Maret 2019.

Stand Kecamatan Citamiang memamerkan bagan kinerja jajarannya yang sukses meraih penganugerahan zona integritas menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi). Kepada pengunjung pameran, Fitrya menjelaskan kinerja yang dijalankan jajarannya hingga meraih penghargaan sebagai kecamatan terbaik se-Indonesia.

Sebelum menjadi kecamatan terbaik tingkat nasional, Kecamatan Citamiang terpilih menjadi yang terbaik dalam hal pelayanan publik oleh Inspektorat Kota Sukabumi untuk SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dan Bagian Ortala (Organisasi dan Tata Laksana) terkait pelayanan publik.

Hasil penilaian di tingkat daerah tersebut diusulkan ke Kemen PAN-RB. Setelah itu tim dari pusat turun langsung ke lapangan untuk melakukan penilaian berdasarkan pendapat dari warga Kecamatan Citamiang. Akhirnya, Kecamatan Citaming ditetapkan menjadi kecamatan terbaik. (*)

Print Friendly, PDF & Email