ASN Harus Beradaptasi dengan Kemajuan Digitalisasi

oleh -
Para peserta upacara rutin tanggal 17 tiap bulan yang berasal dari kalangan anggota Korpri di lingkungan Pemkab Sukabumi.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

ASN (Aparatur Sipil Negara), baik PNS maupun tenaga kontrak, harus memahami dan beradaptasi dengan era digitalisasi. Hal ini penting karena kemajuan zaman menuntut keahlian ASN untuk mengimbangi perkembangan teknologi informatika dalam menjalankan tugas pelayanan publik, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri saat menjadi  pembina upacara apel kesiagaan Korpri tanggal 17 di halaman parkir Setda Kabupaten Sukabumi, Jalan Siliwangi Palabuhanratu, Senin (18/3/2019). Menyikapi era revolusi industri 4.0, ujar sekda, seluruh ASN harus memahami teknologi digital agar tidak ketinggalan perkembangan zaman di tengah masyarakat.

“Saya mengajak dan mengimbau seluruh ASN yang bertugas di lingkup Pemkab Sukabumi untuk memahami dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi sebagai ruh dari era digitalisasi 4.0,” kata sekda.

Revolusi industri 4.0, ujar dia, mengharuskan para pegawai pemerintah terus mengembangkan inovasi dan bersinergi dengan berbagai kalangan. Melalui sarana teknologi informasi, sinergitas dan komunikasi dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat.

“Inovasi yang dikembangkan tentunya harus sesuai dengan tupoksi masing-masing. Para ASN mengetahui dengan persis apa saja yang harus dikembangkan, ditingkatkan,  dan diakselerasikan terkait dengan tugas pokok dan fungsinya,” kata Iyos. 

Pada bagian lain, pembina upacara menyampaikan, Anggota Korpri harus mematuhi dan menjalankan visi misi organisasi. Sebagai aparatur pemerintah, kata dia, ASN harus melayani masyarakat secara penuh dan jangan coba-coba ingin dilayani masyarakat.

“Berikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Bekerjalah  secara on the track yang telah ditentukan oleh pemerintah dan peraturan. Selaku abdi negara, abdi pemerintah, dan abdi masyarakat, ASN harus selalu meningkatkan profesionalisme,” tutur sekda.  

Selain itu ASN mesti meningkatkan kompetensi, kapasitas, dan pengetahuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan meningkatkan profesionalisme dalam menunaikan tugas dan kewajiban. (*)

Print Friendly, PDF & Email