Sejenak Lupakan Rutinitas, Warga Cibodas Salurkan Hak Suara di TPS Pilkades

oleh -
Warga Desa Cibodas rela mengantre di depan TPS untuk menyalurkan hak suara pada Pilkades serentak 2019 di desanya.

Wartawan Nanang Setiana

Ribuan warga Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi beramai-ramai mendatangi TPS untuk menyalurkan hak suara pada Pilakdes serentak tahun 2019, Minggu (17/11/2019). Sejenak lamanya mereka melupakan rutinitas di kebun, ladang, dan lingkungan tempat tinggal demi tersalurkannya hak suara untuk terpilihnya calon kades idaman.

Sejak pukul 07.00 WIB, warga sudah mengular pada antrean menuju TPS. Mereka tampak bersemangat untuk menentukan pimpinan di Desa Cibodas selama periode 2019-2025. Sampai menjelang tengah hari, anteran di depan TPS semakin padat dan warga terus berdatangan dari berbagai pelosok kampung di wilayah Desa Cibodas.

“Warga sudah mulai antre sejak pukul 07.00 saat pintu TPS dibuka. Alhamdulillah warga sangat antusias,” kata Ketua Panitia Pilkades Cibodas, Endin Sa’adudin ketika ditemui di sela kesibukannya memimpin pemungutan suara.

Prosedur untuk para pemegang hak suara diberlakukan sama. Warga yang hadir harus langsung menunjukkan surat undangan sebagai pemilih kepada panitia untuk  mendapatkan surat suara.

Setelah menunggu, mereka melakukan pencoblosan di bilik suara lalu memasukkan surat suara ke kotak suara yang telah disediakan. Sekeluar dari tempat kotak suara, mereka diberi tanda pada jari tangannya dengan tinta khusus.

Para calon kades yang menjadi peserta Pilkades Cibodas tahun 2019.  

Pemilik hak suara di Desa Cibodas mencapai 6.417 orang. Warga diberi kesempatan untuk menyalurkan hak suaranya hingga pukul 14.00 WIB.  Setelah semua pemilik suara memberikan hak suaranya, panitia langsung melakukan penghitungan suara dengan target harus selesai hari ini juga.  

“Kami mengharapkan proses pemungutan suara hingga penghitungan suara dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses tampa ekses. Seluruh proses dapat berjalan dengan damai sampai berakhirnya pelaksanaan Pilkades 2019. Calon kades yang terpilih hendaknya bisa menjalankan tugas yang diembannya dengan amanah, mereka yang tidak terpilih agar bersikap legowo dan menerima kekalahan secara ksatria,” tutur Endin. (*)

Print Friendly, PDF & Email