Pilkades Sukamulya 100 Persen Siap Masuki Tahap Pemungutan Suara

oleh -
Ruangan aula Balai Desa Sukamulya yang dijadikan TPS sudah ditata sejak awal untuk mendukung kelancaran proses pemungutan suara.

Wartawan Nanang Setiana

Proses Pilkades Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi 100 persen siap memasuki tahap pemungutan suara yang dilaksanakan Minggu (17/11/2019). Semua unsur, baik pelaksana maupun pendukung, telah melakukan koordinasi untuk menyelesaikan tahapan yang paling krusial tersebut.

“Kami telah melakukan koordinasi secara lintas sektoral untuk melaksanakan pemungutan suara. Panitia Pemilihan Kepala Desa Sukamulya telah menyelesaikan penataan TPS atau Tempat Pemungutan Suara satu hari sebelumnya,” kata Pelaksana Tugas Kades Sukamulya, Dian Sudian ketika dihubungi lewat telepon genggamnya saat berada di lokasi pemungutan suara.

Sesuai kesepakatan bersama, ujar Dian, TPS ditempatkan di aula Balai Desa Sukamulya. Tujuan penataan TPS seperti itu adalah untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan memberikan hak suaranya. Selain itu, dengan penataan TPS di aula balai desa tersebut, proses pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar dan teratur. 

“Pengaturannya, warga yang akan melakukan pencoblosan ditempatkan di dalam aula balai desa, sementara pemilih yang menunggu giliran dipanggil menunggu di luar ruangan,” ujar Dian.

Panitia akan memberikan prioritas kepada pemilih dari kelompok warga lansia, jompo, dan ibu hamil. Dalam hal ini, para petugas pengamanan akan membantu tiga kelompok warga tersebut untuk didahulukan dalam memberikan suaranya.

Sementara itu terkait teknis pelaksanaan, Panitia Pilkades bekerja sama dengan tim pengamanan untuk menjaga situasi agar tetap kondusif, tertib, dan lancar. Panitia Pilkades mendapat dukungan personel pengamanan dari berbagai unsur yang terdiri dari 5 anggota Polri, 4 anggota TNI, 50 anggota Linmas, 4 anggota Satpol PP, dan unsur BPD. 

Plt kades yakin, tahapan pemungutan suara dapat diselesaikan oleh panitia dengan lancar dan diteruskan dengan penghitungan suara. (*)

Print Friendly, PDF & Email