Dishub Aktif Merespon Pengaduan Kerusakan PJU

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi melalui Seksi Penerangan Jalan Umum (PJU) mengoptimalkan sistem pengaduan dan pelaporan dari masyarakat dengan merespon usulan pemasangan atau laporan kerusakan PJU. Sejak awal bulan Oktober sampai saat ini, Seksi PJU telah menerima 23 pengaduan yang langsung ditindaklanjuti oleh para petugas lapangan. 

“Pengaduan dari masyarakat disampaikan dengan berbagai cara. Ada yang melalui media sosial, ada juga yang datang langsung ke kantor Dinas Perhubungan Kota Sukabumi. Sebagian warga menyampaikan pengaduan melalui aplikasi Super yang dikelola Diskominfo,” kata Kepala Seksi PJU Dishub Kota Sukabumi, Hikmat Azhari Herdiansyah kepada wartawan, Kamis (17/10/2019).

Pengaduan dari masyarakat, ujar dia, langsung ditindaklanjuti oleh para petugas PJU. Urut-urutan kunjungan petugas ke titik PJU yang dilaporkan masyarakat dilakukan berdasarkan nomor urut pengaduan.

Laporan yang disampaikan masyarakat terkait kerusakan PJU bervariasi seperti  kabel yang putus, KWH rusak, lampu mati, atau posisi tiang dan lampu doyong. Berdasarkan data hasil pelaporan terhitung sejak bulan Januari hingga awal bulan Oktober,  sebanyak 56,67 persen pengaduan sudah ditangani oleh Dishub, sisanya masih dalam proses. 

“Pada dasarnya semua kerusakan yang dilaporkan masyarakat bisa ditangani. Namun apabila ada kesulitan komponen,  petugas kami akan melaporkannya ke workshop. Semua laporan pengaduan akan kami tangani secara bertahap berdasarkan nomor urut laporan,” ucapnya.

Untuk menanggulangi kerusakan PJU di jalan milik provinsi seperti Jalan Lingkar Selatan dan Jalan Pelabuan 2, kata Hikmat, Dishub Kota Sukabumi akan berkoordinasi dengan Dishub Provinsi Jawa Barat untuk membahas perbaikan PJU tersebut sesuai kewenangannya. 

Sementara untuk memenuhi kebutuhan perbaikan PJU di ruas jalan milik Pemkot Sukabumi, Seksi PJU akan terus menginvetarisir data di lapangan agar data kondisi PJU selalu up-to-date. (*)

Print Friendly, PDF & Email