TMMD untuk Pererat Kemanunggalan TNI dan Masyarakat

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (paling kiri) bersama Asintel KASAD, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, S.E., M.M. (kedua dari kiri) ketika meninjau lokasi pembangunan TMMD ke-108 di Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder.

Wartawan Dicky Sopyan

Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) dilaksanakan untuk mempererat hubungan TNI dengan masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat. Hubungan yang erat ini merupakan bentuk dari penjabaran sistem pertahanan Indonesia yaitu pertahanan rakyat semesta.

banner 970x90

“Program TMMD ini sudah dilaksanakan selama 40 tahun dengan tujuan utama untuk memperat hubungan TNI dengan masyarakat,” kata Asisten Intelijen (Asintel) KASAD, Mayjen TNI Teguh Arief  Indratmoko, S.E., M.M. dalam kunjungan ke lokasi TMMD ke-108 Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi tahun 2020 di Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, Kamis (16/7/2020).

Mayjen Teguh Arief mengharapkan, kegiatan TMMD ke-108 di Kabupaten Sukabumi dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Untuk menjaga dan meningkatkan kemanunggalan dengan rakyat, ujar dia, TNI selalu berbuat untuk masyarakat yang salah satunya melalui TMMD.

“Kedatangan kami ke Kabupaten Sukabumi dalam rangka monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan TMMD. Kami melihat secara langsung pelaksanaan TMMD di lapangan. Semoga hasilnya sesuai dengan hrapan masyarakat,” kata Asintel KASAD.

TNI dengan masyarakat, ujar dia, dapat diibaratkan ikan dan air. Ikan tidak dapat dipisahkan dari air. Jika TNI diibaratkan ikan dan masyarakat air, tanpa air TNI tidak akan pernah bisa hidup. Untuk mempererat hubungan dengan masyarakat, TNI harus selalu berbuat yang terbaik untuk kepentingan masyarakat.

“Program TMMD merupakan salah satu upaya TNI untuk mempererat hubungan dengan rakyat,” ujarnya. 

Asintel juga menambahkan, program TMMD bisa mendukung upaya meningkatkan ketahanan pangan. Melalui berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur, salah satunya jalan dan jembatan, pasokan dan distribusi pangan akan lebih cepat dan mudah.

Di tempat kegiatan montoring dan evaluasi itu tampak hadir para perwira mendampingi Asintel KASAD antara lain Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief  Wibowo, S.IP. Kasiter Kodam III Kolonel Kav Budiman Ciptadi, S.A.P., Waaster Kodam III Letkol Kav Mujahidin, Waasintel Kodam III Letkol Inf Endang S, Pabandya 4 Letkol Inf Haris Sukarman, dan para pejabat TNI Polri serta pemda.

Dari kalangan tuan rumah, pejabat yang menyambut Asintel KASAD terdiri dari Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami; Dandim 0622 Letkol Arm Suyikno, S.Sos.; Kapolres Sukabumi AKBP M. Lukman Syarif; serta para pejabat sipil dan TNI-Polri.

Penyambutan Asintel KASAD dilakukan di Balai Desa Sukaluyu. Mayjen Teguh Arief menempuh perjalanan dari Jakarta dengan menggunakan helikopter. Sebelum memasuki balai desa, Asintel KASAD bersama rombongan disambut dengan tarian tradisional.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengatakan, program TMMD dapat mempercepat pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Melalui TMMD, TNI membangun berbagai prasarana yang dapat  meningkatkan arus transportasi logistik dari pedesaan.

“Dengan adanya TMMD ini secara langsung merupakan upaya untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, keamanan, dan meningkatkan tradisi gotong royong di tengah masyarakat,” kata bupati. 

Semangat kerja sama yang terjalin antara Pemkab Sukabumi dan TNI  khususnya Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi dapat mendorong tergalinya potensi wilayah bagi kemajuan daerah, ujar Marwan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada program TMMD ke-108 di Desa Sukaluyu meliputi 32 kegiatan fisik dan 10 kegiatan nonfisik. Kegiatan fisik terdiri dari pembangunan jalan, pembangunan jembatan, pembuatan bronjong dan TPT, renovasi rumah tidak layak huni, dan lain-lain.   

Adapun kegiatan nonfisik berupa penyuluhan dengan materi seputar pendidikan, keagamaan, kesehatan, pertanian, peternakan, kepemerintahan desa, keamanan dan ketertiban masyarakat, program KB, kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan, dan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika. (*)

Print Friendly, PDF & Email