Sekda Minta Aparatur Berikan Pelayanan Adminduk Terbaik untuk Masyarakat

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri menyampaikan pengarahan kepada para peserta bimtek peningkatan bimtek peningkatan kualitas SDM pengelola adminduk tingkat desa/kelurahan.

Wartawan Nanang Setiana Aep Saepudin  

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H Iyos Somantri meminta aparatur pemerintah untuk memberikan pelayanan adminduk (administrasi kependudukan) yang terbaik kepada masyarakat. Dengan pelayanan terbaik yang diberikan aparatur pemda, masyarakat tidak akan mengalami kesulitan untuk memperoleh KK, KTP, akta kelahiran, dan dokumen kependudukan lainnya.

banner 970x90

Pernyataan sekda itu disampaikan ketika membuka bimtek peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola adminduk tingkat desa/kelurahan bagi para petugas registrasi desa/kelurahan bertempat di Hotel Agusta, Cikukulu, Cicantayan, Kamis (16/7/2020).

“Prinsipnya aparatur negara sebagai public service harus senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, termasuk dalam pelayanan adminduk,” ujar Iyos. 

Bimtek diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi. Para pesertanya adalah para petugas pengelola adminduk di tingkat desa/kelurahan se-Kabupaten Sukabumi. 

“Aparatur pemerintah harus memberikan pelayanan yang dapat membuat masyarakat merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Kami harapkan kegiatan bimtek ini dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sukabumi,” tuturnya.

Pelayanan yang baik, lanjut dia, sangat penting dalam upaya mewujudkan tata kelola adminduk yang tertib dan baik serta dapat melayani masyarakat sebaik mungkin. Sekda menegaskan, para petugas registrasi kependudukan di tingkat desa/kelurahan dapat menyajikan dan memberikan data kependudukan yang valid untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan bimtek ini merupakan langkah awal untuk melahirkan pelayanan adminduk yang lebih optimal serta menghilangkan praktik percaloan yang merugikan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Iwan Kusdian menyampaikan, penyelenggaran bimtek bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan adminduk di tingkat desa/kelurahan. Tujuan ini dapat tercapai dengan meningkatkan SDM pelayanan registrasi di tingkat desa/kelurahan sebagai ujung tombak pelayanan.

“Kami ingin mewujudkan pelayanan adminduk kepada masyarakat yang mudah, murah, dan cepat,” tutur Iwan. (*)  

Print Friendly, PDF & Email