Kabid Bina Marga Sosialisasikan Pembangunan Jalan Sekarwangi-Hegarmanah

oleh -
Kabid Bina Marga DPU Kabupaten Sukabumi, H. Sambas, S.E. menyampaikan sosialisasi seputar pembangunan jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak dengan Desa Hegarmanah Kecamatan Cicantayan.

Wartawan Aep Saepudin  

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, H. Sambas, S.E. mensosialisasikan pembangunan jalan yang menghubungkan wilayah Desa Sekarwangi di Kecamatan Cibadak dengan Desa Hegarmanah di Kecamatan Cicantayan. Sosialisasi dilaksanakan di gedung Madrasah Diniyah Hidayatussibyan Desa Hegarmanah, Jumat (17/7/20).

banner 970x90

“Tidak lama lagi pembangunan jalan yang menghubungkan dua desa di dua kecamatan itu akan segera dimulai,” kata Sambas mengawali pidato sosialisasinya.

Ruas jalan yang dibangun mempunyai panjang 1.050 meter dengan lebar 3,5 meter yang pengerjaannya dikotrakkan kepada pihak ketiga. Pemborongnya CV Insan Tani Maju. Jalan yang dibangun tersambung langsung ke Kampung Cibatu Desa Sekarwangi.

“Hari ini saya ditugaskan Pak Kadis PU untuk menyelenggarakan acara sosialisasi peningkatan jalan kabupaten ruas antara Cibatu-Hegarmanah. Semoga pelaksanaan peningkatan jalan berjalan lancar agar  masyarakat dapat segera menikmati jalan yang mulus,” ujar Sambas.  

Di tempat sosialisasi tampak hadir Camat Cicantayan Sendi Apriadi, S.STP., Kades Hegarmanah Ujang Natadireja beserta perangkat desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Hergarmanah, dan tokoh masyarakat setempat. Dari pihak kontraktor tampak hadir Dirut CV Insan Tani Maju, Heru Rudiana. 

Sambas meminta rekanan untuk mengerjakan proyek peningkatan jalan tersebut dengan baik dan benar  sesuai dengan spesifikasi rancang bangun yang ditetapkan oleh pemerintah. Kepada masyarakat, dia memohon bantuan untuk ikut berpatisipasi dalam memelihara jalan yang telah dibangun agar awet dan manfaatnya lebih lama.

“Biasanya keruksakan jalan diakibatkan oleh air yang masuk ke badan jalan dan  kendaraan yang melewati jalan melebihi tonase. Kami ingatkan, kapasitas jalan kabupaten hanya 8 ton. Kalau sering dilewati kendaraan dan muatannya melebihi kapasitas tersebut, jalan akan cepat rusak. Semoga masyarakat bisa ikut mencegah kerusakan jalan ini,” tutur Sambas. 

Jalan Cibatu-Hegarmaha ini dikerjakan dengan waktu pengerjaan 120 hari kalender. Dananya dari APBD Kabupaten Sukabumi tahun anggaran 2020 sebesar Rp940 juta. Sesuai kontrak, lapisan yang dipakai berupa hotmix ac-wc.

“Saya minta kepada semua pihak agar bisa mendukung pembangunan peningkatan jalan kabupaten ini agar pengerjaannya bisa berjalan dengan baik dengan kualitas yang sesuai  dengan spek yang direncanakan,” tutur Sambas. (*)

Print Friendly, PDF & Email