Baksos Jumat, Karang Taruna Cijengkol Bersihkan Jalan Kabupaten

oleh -
Semangat para pemuda yang tergabung di dalam Karang Taruna Desa Cijengkol patut mendapat acungan jempol, mereka sangat bersemangat menggelar bakti sosial membersihkan jalan.

Wartawan Aep Saepudin  

Karang Taruna Motekar Desa Cijengkol, Kabupaten Sukabumi menggelar baksos (bakti sosial) berupa aksi bersih-bersih jalan kabupaten penghubung beberapa desa, Jumat (17/7/2020). Pada aksi itu, Karang Taruna Motekar membabat rumput dan mengambil sampah dari ruas jalan penghubung Desa Ciheulangtonggoh di Kecamatan Cibadak dan Desa Cijengkol di Kecamatan Caringin.

banner 970x90

Mereka bahu-membahu secara bergantian memotong rumput yang menjalar ke badan jalan serta menutup bagian pinggir jalan. Para pemuda tersebut memotong habis rumput-rumput yang mengganggu pengguna jalan atau dijadikan tempat bersarang binatang berbahaya seperti ular dan kalajengking.

Dalam aksinya, anggota Karang Taruna Motekar menggunakan  pemangkas rumput dan alat potong seperti parang, cangkul, dan kored. Berkat kerja keras mereka, dalam sekejap ruas jalan penghubung dua desa benar-benar terbebas dari rumput dan menjadi bersih.

“Kami mengapresiasi kegiatan para pemuda yang tergabung dai dalam karang Taruna Motekar ini. Luar biasa, berbekal kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan dan pemeliharaan infrastruktur, para pemuda berhasil membebaskan ruang jalan dari rumput dan sampah,” kata Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah kepada wartawan setelah mengikuti baksos Karang Taruna Motekar.

Atas nama pemerintah desa, dia merasa bangga dengan tumbuhnya kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan para pemuda. Karang Taruna, ujar dia, telah memberikan contoh dan keteladanan tentang pentingnya kerja sama masyarakat dengan pemerintahan.

“Semangat pengabdian dan kerja sama seperti ditunjukkan oleh para pemuda Karang Taruna harus terus dijaga untuk meningkatkan tradisi gotong royong,” tutur Haer.

Mudah-mudahan, ujar dia, kegiatan baksos yang digelar Karang Taruna tersebut mendatangkan keberkahan bagi warga Desa Cijengkol. Dia optimis dengan kepeloporan para pemuda, gerakan seperti itu dapat tumbuh terus dan menjadi budaya di Desa Cijengkol.

“Mudah-mudahan semangat para pemuda menjadi virus yang menular dan menyebar ke masyarakat lainnya,” tuturnya. (*)  

Print Friendly, PDF & Email