Susun Program, Bumdes Ciheulangtonggoh Gelar Rapat Pertama

oleh -
Rapat pertama Bumdes Heulang Kahuripan dipimpin oleh ketuanya Asep Saepudin (menghadap kamera, kedua dari kanan) dan dihadiri oleh Kades Ciheulangtonggoh, Endang Junaedi (kedua dari kiri).

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi menggelar rapat pertama untuk menyusun program di aula balai desa setempat, Rabu (17/7/2019). Rapat dipimpin oleh Ketua Bumdes Heulang Kahuripan Ciheulangtonggoh, Asep Saepudin.

banner 970x90

“Pada rapat ini kami melakukan evaluasi terhadap program sebelumnya yang sudah berjalan dan menindaklanjuti program yang sudah berjalan yang prospeknya bagus,” kata Asep kepada wartawan di sela-sela kesibukan rapat yang dipimpinnya. 

Salah satu program andalan Bumdes Ciheulangtonggoh di bawah kepemimpinannya, ujar dia, adalah  Bumdes Seribu. Melalui program ini, Bumdes akan memungut uang sisa belanja dari warga sebesar Rp1 ribu setiap hari. Nantinya dana yang terkumpul akan digunakan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Jadi Bumdes Seribu itu sifatnya dari masyarakat untuk masyarakat. Program ini mengawali kegiatan Bumdes tahun 2019,” ujar dia.  

Bumdes Heulang Kahuripan juga akan membantu pengembangan usaha pertanian, perikanan, dan industri rumahan yang sedang dikembangkan oleh warga. Ke depan, kata Asep, tidak menutup kemungkinan, Bumdes Ciheulangtonggoh akan mengelola tanah desa untuk usaha perikanan jika mendapat izin dari kepala desa.

“Harapan kami, program-program yang kami luncurkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan bisa mendukung program-program pemerintahan desa,” tutur Asep.

Sementara itu Kepala Desa Cihelangtonggoh, Endang Junaedi  menyampaikan, dirinya mengapresiasi program kerja Bumdes yang dipaparkan secara terbuka di dalam forum rapat. Hal ini penting sebagai bagian dari pembelajaran demokrasi di masyarakat.

“Keterbukaan dan  ketransparasian dalam segala kegiatan yang dilakukan Bumdes harus terus dikembangkan agar mendapat dukungan luas dari masyarakat,” kata Endang. (*)

Print Friendly, PDF & Email