Kunjungan Kades Sukamulya ke Pengapuran Mengagetkan Penambang

oleh -
Kepala Desa Sukamulya, Dudun Ibrahim, S.Ag. (paling kanan) ketika meninjau lokasi pertambangan batu kapur di Kampung Cimenteng.

Wartawan Joko Samudro

Kunjungan Kepala Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Dudun Ibrahim, S.Ag. ke pengapuran atau tambang batu kapur mengagetkan para pekerja dan penambang yang sedang beraktivitas. Mereka tidak menyangka mendapat kunjungan dari orang nomor satu di jajaran Pemdes Sukamulya.

banner 970x90

Pengapuran yang didatangi Kades Dudun itu terletak di Kampung Cimenteng, Desa Sukamulya. Di tengah musim pandemi Covid-19, Dudun tetap menjalankan tugas monitoring ke berbagai kalangan masyarakat, termasuk para penambang yang sehari-hari beraktivitas di lokasi pertambangan kapur.

“Kami merasa kaget, tidak menyangka Pak Kades Dudun datang ke tempat pengapuran. Perhatian beliau pada masyarakat sangat tinggi,” kata salah seorang pekerja pengapuran kepada wartawan setelah mendapat kunjungan dari Kades Sukamulya, Selasa (16/6/2020).

Baru pertama kali ini, ujar dia, ada kepala desa di Sukamulya mendatangi dan melihat langsung warga yang sedang bekerja di pengapuran. Karena itu, para pekerja pengapuran mengucapkan terima kasih kepada Kades Dudun yang telah memperhatikan mereka. Para pekerja pengapuran mengharapkan kunjungan kades memberikan manfaat bagi mereka dan kades serta perangkatnya. 

Dalam kunjungannya itu, Dudun menanyakan dampak yang menimpa para penambang dari adanya wabah Covid-19. Kades juga menanyakan bantan sosial (bansos) yang mereka terima, baik dari pusat, provinsi, pemda, maupun desa. Kades mengharapkan para penambang dan pekerja di pengapuran bisa memperoleh kesempatan yang sama untuk mendapatkan bantuan.

“Sekarang ini zaman susah, semua orang mengalami kesulitan dalam menjalankan usaha atau pekerjaannya. Kami harapkan para pekerja dan penambang di pengapuran tetap bersemangat dalam menjalankan pekerjaannya. Kami akan terus memperhatikan keadaan mereka,” kata Dudun.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warganya, termasuk para pekerja di pengapuran, lanjutnya, dia dan jajarannya akan menempuh berbagai langkah dan upaya yang sejalan dengan peraturan perundang-undangan. Dudun akan mengupayakan agar para pekerja pengapuran mendapatkan bantuan dari pemerintah, baik pusat, provinsi,  pemda, atau desa. (*)

Print Friendly, PDF & Email