Desa Cimenteng Salurkan 108 BLT dari Dana Desa Tahap II

oleh -
Kepala Desa Cimenteng, Kecamatan Curugkembar, Herry Sobar Winara menyampaikan arahan pada kegiatan penyaluran BLT Dana Desa tahap II.

Wartawan Hamjah

Pemerintah Desa Cimenteng, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) untuk tahap II. Pebagian BLT tersebut dilaksanakan di aula Balai Desa Cimenteng, Rabu (17/6/2020). 

banner 970x90

Jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) BLT DD tahap II itu mencapai 108 keluarga yang masing-masing menerima dana sebesar Rp600 ribu. Para penerima berasal dari keluarga terdampak wabah Covid-19 yang tidak menerima bantuan dari program bantuan sosial lainnya.

Pada pembagian BLT tersebut, Kepala Desa Cimenteng  Herry Sobar Winara ikut memantau bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat. Mereka bertiga selalu menjadi garda terdepan dalam penanganan wabah Covid-19.

“BLT dari dana desa ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat terdampak wabah Corona. Walaupun dananya dari desa, keputusannya dibuat oleh pemerintah,” kata Kades Herry ketika ditemui di tengah kesibukan pembagian BLT DD tahap II.

Karena itu, ujar Heri, masyarakat harus mentaati aturan dari pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Masyarakat harus selalu mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, sering mencuci tangan dengan sabun, dan selalu menjaga jarak ketika berada di tengah kumpulan orang banyak.

“Saya tidak henti-hentinya mengimbau dan mengajak masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan,” ujar Herry.  

Jumlah data penduduk di Desa Cimenteng mencapai  3.325 kepala keluarga (KK). Dari penduduk itu sebanyak 3.676 jiwa tercatat di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Adapun jumlah penerima bantuan BPNT dan PKH sebanyak 241 KK, penerima bansos provinsi 368 KK, penerima bansos provinsi tambahan 240 KK, BST dari Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara) sebanyak 32 KK, BLT DD 108 KK,  dan BST kabupaten sebanyak 45 KK.

Di luar jumlah itu sebanyak 267 KK belum menerima bantuan dengan rincian 128 KK belum terdaftar dan 139 KK masih mengurus kartu keluarga dan KTP.

“Saya sebagai kepala desa akan mengupayakan bantuan untuk keluarga yang belum menerima bansos. Mudah-mudahan ada bantuan susulan,” kata Herry. (*)

Kepala Desa Cimenteng, Kecamatan Curugkembar, Herry Sobar Winara menyampaikan arahan pada kegiatan penyaluran BLT Dana Desa tahap II.

Print Friendly, PDF & Email