Jabatan Rangkap Bisa Turunkan Mutu Pelayanan Publik

oleh -
Ketua DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Banyaknya jabatan yang dirangkap oleh seorang pejabat di lingkungan Pemkot Sukabumi bisa menurunkan kualitas pelayanan publik. Sebab pejabat yang memegang dua jabatan akan kerepotan dan tidak dapat fokus dalam membagi konsentrasi dan pekerjaan.  Karena itu, rangkap jabatan harus segera diakhiri, tiap-tiap jabatan mesti dipegang oleh pejabat definitif masing-masing.

banner 720x90

Hal itu disampaikan mantan Wali Kota Sukabumi yang sekarang menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz kepada wartawan baru-baru ini. Di Pemkot Sukabumi, ujar Muraz, tidak akan kekurangan SDM pejabat untuk mengisi berbagai jabatan sehingga rangkap jabatan bisa dicegah.

“Jabatan-jabatan yang dirangkap harus segera diisi oleh pejabat definitif masing-masing. Kewenangannya ada di kepala daerah,” kata Muraz.

Selaku warga Kota Sukabumi, Muraz mengimbau Wali Kota Sukabumi untuk segera mengambil kebijakan guna mengakhiri para pejabat memegang dua jabatan atau lebih. Saat ini banyak posisi eselon II dijabat secara rangkap oleh seorang pejabat.

“Berdasarkan pengalaman saya, masih banyak pejabat eselon III yang  memiliki potensi untuk menduduki jabatan eselon II. Tinggal dites saja. Jangan lupa juga faktor reward and punishment untuk menempatkan seorang pejabat. Kalau seleksinya  fair pasti akan aman karena ada perjanjian kerja antara kepala dinas dengan kepala daerah,” tutur Muraz. 

Caleg terpilih untuk DPR RI ini belum mengetahui secara persis penyebab lambatnya proses pengangkatan beberapa pejabat eselon II. Hal itu merupakan urusan dan kewenangan mutlak wali kota sebagai kepala daerah.

banner 720x90

“Mungkin ada pertimbangan lain, saya tidak tahu tentang hal itu. Urusan penempatan jabatan itu terkait dengan kepercayaan wali kota kepada pejabat-pejabat yang akan diangkat.  Tapi yang jelas menurut saya, jabatan-jabatan kosong harus segera diisi,” ujar politisi yang mengukir karier dari bawah sebagai pegawai pemda. 

Sampai sekarang beberapa pejabat yang memegang dua jabatan eselon II di lingkungan Pemkot Sukabumi antara lain Saleh Makbuloh memegang jabatan Plt Sekda dengan kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM), Dida Sembada menjabat Plt Asda III dan Kepala BPKD, Iskandar Ihfan memegang jabatan Kepala Disdukcapil dan Plt Asda II, dan Nickye Siti Rahayu menjabat Kepala Dispuspida dan Plt Kepala Dinas Dalduk KBP3APM. 

Untuk jajaran eselon III terdapat nama  Didin Syarifudin yang menjabat Seketaris Dinkes dan Plt Kabag Kesra. Sementara ada pejabat yang berstatus pelaksana tugas tanpa rangkap jabatan yaitu Iyan Damayanti yang menjabat Plt Kepala Disnaker dan Hudi Kodir Wahyu sebagai Plt Kepala Dinsos Kota Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email