TP PKK Desa Cibodas Tebarkan 300 Nasi Bungkus

oleh -
Pembagian nasi di dalam kotak melalui program Gasibu (Gerakan Nasi Bungkus) oleh pengurus dan anggota TP PKK Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Nanang Setiana

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi menggelar progam Gasibu (Gerakan Nasi Bungkus) untuk membantu warga kurang mampu yang terdampak Covid-19. Dari gerakan sosial itu, TPK PKK Desa Cibodas mentargetkan 300 nasi kotak dapat dibagikan kepada warga terdampak pandemi.  

banner 970x90

Pembagian nasi kotak dilaksanakan pada sore hari menjelang Maghrib. Tujuannya agar penerima bisa memanfaatkan nasi kotak tersebut untuk berbuka puasa. Nasi dan lauk pauk yang didedikasikan untuk program Gasibu itu dimasak di dapur umum yang dikelola oleh pengurus TP PKK Desa Cibodas.

“Pada program ini kami membagikan nasi kotak sebanyak 300 yang disalurkan ke berbagai dusun di wilayah Desa Cibodas.” Kata Ketua TP PKK Desa Cibodas, Hj. Ani Mulyani kepada wartawan, Minggu (17/5/2020).

Akibat merebaknya Virus Corona yang menjangkitkan Covid-19, ujar Ani, banyak warga Desa Cibodas yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Virus tersebut telah menutup akses masyarakat ke kawasan-kawasan yang banyak menyediakaan lapangan pekerjaan seperti Bandung Raya, Jabodetabek, dan Kota Sukabumi. Dampaknya terasa pula oleh sebagian warga Desa Cibodas.

“Kehadiran program Gasibu diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan makanan,” ucap Ani.  

Sementara itu Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya program Gasibu oleh TP PKK. Walaupun tidak terlalu besar dampaknya untuk membantu masyarakat, kata dia, paling tidak program Gasibu dapat meringankan beban warga yang terdampak Covid-19.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus dan anggota PKK yang telah berkiprah dalam membantu masyarakat melalui program Gasibu. Berkat kesigapan PKK, program Gasibu di desa kami dapat berjalan dengan lancar. Alhamdulillah,” ujar Ujang.

Pengoperasian dapur umum untuk mendukung program Gasibu, lanjut dia, merupakan hasil kerja sama antara TP PKK dengan berbagai elemen masyarakat. Ujang mengharapkan program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan agar di Desa Cibodas tidak ada warga yang kelaparan. (*)  

Print Friendly, PDF & Email