Safari Pilkada Berlanjut, PDIP Bertemu PKB

oleh -
Pertemuan dan silaturahmi politik antara PDI Perjuangan dan PKB menjelang Pilkada 2020 di Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Setelah menjalin kesepekatan dengan PPP, safari politik menjelang Pilkada 2020 oleh PDI Perjuangan berlanjut ke PKB. Para kader dan pengurus dipimpin oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama, S.H. mendatangi Kantor DPC PKB Kabupaten Sukabumi di Jalan Raya Cisaat, Desa Sukamanah, Sabtu (16/5/2020).

banner 970x90

Dalam kunjungan silaturahmi politik itu, Yudi dan jajaran pengurus datang bersama pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat, M. Jainudin, S.Ag. Mereka diterima oleh sohibul baith Ketua DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Drs. H. Asep Supriatna beserta jajaran pengurus.

Sebagaimana dengan PPP, dalam pertemuan dengan PKB pun, PDI Perjuangan menggelar pembicaraan. Kedua partai menjajaki kemungkinan membentuk koalisi. PDI Perjuangan dan PKB  mencari titik temu untuk mengajukan calon bupati dan calon wakil bupati yang sama.

Seperti diektahui, PPP dan PKB telah membangun koalisi bernama Hejo Ludeung yang akan mengusung H. Adjo Sardjono sebagai calon bupati. Sikap politik Hejo Ludeung ini tidak bisa ditawar-tawar, pengusungan Adjo yang saat ini masih menjabat Wakil Bupati Sukabumi sudah harga mati.

Sementara antara PDI Perjuangan dan PPP telah tercapai titik temu pada nama Sirojudin untuk calon wakil bupati. Kesepakatan-kesepakatan yang terbentuk di luar Hejo Lideung masih belum final dan pasti. Namun untuk nama Adjo bagi Hejo Ludeung tidak ada kompromi dan perubahan.

“Pertemuan ini untuk mencari kemungkinan-kemungkinan bisa bersatu untuk membentuk koalisi. Kami mengajukan beberapa nama untuk diusung. Selanjutnya kami menunggu mekanisme partai mereka,” ujar Yudi seusai pertemuan.

Dalam percaturan Pilkada 2020, PDI Perjuangan menggadang-gadang dua nama untuk dimajukan ke ajang pemilihan yaitu H. Sofyan Effendi yang pernah menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi dan Sirojudin yang saat ini menjabat Ketua KONI Kabupaten Sukabumi.

Di tempat yang sama, mewakili DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Asep Supriatna mengatakan, selain silaturahmi, kedatangan para kader PDI Perjuangan untuk membahas politik antara lain terkait nama calon bupati dan calon wakil bupati.   

“Calon bupati yang diajukan adalah Pak Sofyan Effendi, sedangkan calon wakil Pak Sirojudin.  Tadi secara gamblang saya sampaikan bahwa kaitan dengan calon bupati dari Hejo Ludeung itu sudah final dan tidak bisa dikompromikan yaitu Pak Adjo Sardjono,” jelas Asep. 

Adapun untuk calon wakil bupati, PKB masih mencari figur yang dianggap cocok untuk menjadi pendamping Adjo. (*)

Print Friendly, PDF & Email