Pasien Covid-19 yang Sembuh Naik 100 Persen

oleh -
Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil menyampaikan petunjuk dan arahan kepada para kepala daerah pada rapat virtual yang diikuti bupati dan wali kota termasuk Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Wartawan Nanang Setiana

Secara keseluruhan di wilayah Provinsi Jawa Barat, perkembangan penyebaran Virus Corona menunjukkan tren yang menggembiarkan. Jumlah pasien sembuh meningkat menjadi dua kali lipat atau naik 100 persen, sementara jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit terus menurun.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil pada rapat virtual melalui video conference yang diikuti para kepala daerah se-Jabar, Sabtu (16/5/2020). Menurut gubernur, naiknya jumlah pasien yang sehat menunjukkan bahwa penanganan Covid-19 di Jawa Barat cukup efektif.

“Ini semua merupakan berita yang sangat menggembirakan dan perlu diapresiasi.  Semoga penyebaran Covid-19 cepat terkendali dengan baik,” kata Ridwan Kamil.

Salah satu peserta pada kegiatan tersebut adalah Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami yang mengikuti rapat di Pendopo Sukabumi bersama sejumlah kepala perangkat daerah dan para camat. Rapat tersebut bertujuan untuk mengevaluasi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Jawa Barat.

“Sampai sekarang PSBB  masih dilakukan. Mudah-mudahan penyebaran Covid-19 terus berkurang,” ucapnya.

Namun sayangnya, kata dia, di beberapa daerah kasus Covid-19 masih tergolong tinggi. Dua daerah yang kasusnya cukup tinggi adalah Kota Depok dan Kota Sukabumi. Gubernur memberikan perhatian khusus pada dua daerah tersebut.

“Kita perlu melakukan evaluasi ke depannya untuk menentukan PSBB selanjutnya. Pada Senin depan, kota dan kabupaten bisa mengajukan usulan, apakah PSBB di daerahnya harus dilanjutkan atau dihentikan berdasarkan level dan analisis yang ditentukan,” kata Ridwan. 

Pada rapat itu, gubernur meminta para bupati dan wali kota untuk menyampaikan laporan evaluasi PSBB di daerahnya masing-masing. Laporan tersebut akan dijadikan rujukan oleh Pemprov Jabar dalam menentukan langkah selanjutnya terkait penerapan PSBB di kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Sementara itu, Bupati Marwan menyatakan, Pemkab Sukabumi  akan mengikuti ketentuan dan aturan dari Gubernur Jawa Barat berkaitan dengan pelaksanaan PSBB yang ditetapkan untuk wilayahnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email