Corona Masih Mengancam, Bikin Kue Lebaran Tetap Favorit Kaum Ibu

oleh -
Kalangan ibu-ibu dan remaja putri mulai memadati toko yang menjual bahan-bahan kue untuk membuat kudapan ringan di Hari Raya.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Di tengah ancaman Virus Corona yang kemungkinan besar masih berlangsung hingga tibanya Idul Fitri tahun ini, kue lebaran masih tetap favorit bagi banyak keluarga di Sukabumi. Beberapa hari menjelang Idul Fitri, ibu-ibu dan remaja putri mulai tampak memadati toko yang menjual bahan kue.

banner 970x90

Lisnawati yang tinggal di Perum Nirwana Graha, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi termasuk ibu rumah tangga yang akan membuat kue sendiri untuk bingkisan Lebaran ke kerabat terdekat dan sajian di ruang tamu.

Walau Lebaran tahun ini kemungkinan keluarganya tidak menerima banyak tamu yang datang ke rumahnya, baik teman, kerabat, maupun saudara karena masa pendemi Covid-19, dia tetap akan membuat kue dengan ukuran kuantitas seperti biasanya. Bagi Lisnawati, membuat kue lebaran merupakan kegiatan yang bisa menghilangkan kejenuhan.

“Sudah hampir mau dua bulan saya harus diam di rumah, tidak bisa ke mana-mana karena pandemi. Saya bantu anak mengerjakan tugas online dari sekolah biar tidak jenuh. Menjelang Idul Fitri tugas dari sekolah mulai berkurang,  makanya saya mau bikin kue lebaran saja,” kata Lisnawati ketika ditemui di toko bahan kue di Jalan Tipar Gede Kota Sukabumi, Minggu (16/5/2020).

Membuat kue lebaran, lanjut dia, selain mengisi waktu di rumah saat masa  PSBB dan Pandemi Covid-19, juga ada kepuasan tersendiri ketika kue bikinannya dinikmati oleh keluarga besar. 

Untuk menunjang kegitannya itu, dia harus merogoh saku yang cukup dalam untuk membeli sejumlah bahan kue. Saat ini harga bahan kue di pasaran umum relatif stabil, walaupun harganya naik tidak terlalu besar. Bahan utama kue yaitu terigu dijual toko dengan harga Rp8 ribu perkilogram untuk jenis terbaik di Sukabumi.

Harga mentega merek Blue Band tetap Rp32 ribu/kg, keju Rp72 ribu/kg, tepung maizena Rp20 ribu/kg, wisman Rp68 ribu/kg, susu bubuk Rp40 ribu/kg, cocoa powder Rp14 ribu/45 gram, dan tepung sagu Rp10 ribu/kg.

“Rencananya saya akan membuat kue kering untuk bingkisan dan hidangan hari Lebaran,” ujar Lisnawati.

Nanti menjelang hari Idul Fitri, kue terbaik bikinannya akan dikirimkan sendiri ke orang tuanya di Puri Cibeureum Permai I masih di wilayah Kota Sukabumi.

“Daripada beli, mending bikin sendiri saja. Hasilnya cukup memuaskan. Lagi pula dengan membuat kue sendiri, saya bisa menyediakan cemilan yang sehat dan bergizi untuk anak-anak,” kata dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email