Bansos Provinsi di Ciheulangtonggoh Tepat Waktu dan Tepat Sasaran

oleh -
Suasana pendistribusian bantuan sosial di Desa Ciheulangtonggoh dengan pemantauan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.

Wartawan Nanang Setiana

Penyaluran dana bantuan sosial (bansos) dari Pemprov Jabar di Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berjalan dengan lancar. Pemdes Ciheulangtonggoh menjalankan semua aturan yang ditetapkan Pemprov Jabar sehingga penyaluran dana bansos tersebut tepat sasaran dan tepat waktu.

banner 970x90

Pendataannya melibatkan para ketua RT dan ketua RW yang paling mengetahui kondisi masyarakat yang sesungguhnya. Hasil dari pendataan menunjukkan, penerima bansos provinsi tidak tumpang tindih dengan penerima PKH, BPNT, dan program bansuan sosial lainnya. Para penerima juga merupakan warga yang terdampak  Covid-19.

“Bansos provinsi ini bertujuan untuk membantu warga terdampak Covid-19. Hari   ini pelaksanaan pendistribusiannya,” kata Kepala Desa Ciheulangtonggoh, Endang Junaedi kepada wartawan di tengah kesibukan penyaluran bansos provinsi, Minggu (17/5/2020).

Penyaluran bansos provinsi di Desa Ciheulangtonggoh membawa berkah bagi ojek online karena jasa mereka digunakan untuk penyaluran bantuan.   

Jumlah penerima bansos tersebut mencapai 158 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).  Mereka menerima bansos berupa bahan pangan dan uang tunai yang nilainya mencapai Rp500 ribu.  Sesuai ketentuan dari Pemprov Jabar, bansos terdiri dari bahan pangan senilai Rp350 ribu dan uang tunai sebesar Rp150 ribu.

Bahan pangan yang nilainya Rp350 ribu berupa beras 10 kilogram, makanan kaleng 4 buah, gula 1 kilogram, minyak goreng 2 liter, terigu 1 kilogram, vitamin C 1 paket, mie instan 16 bungkus, dan telur 1/2 kilogram. 

 “Bansos provinsi ini diberikan selama 3 bulan. Kami membagikan bantuan ini di 8 titik tempat pendistribusian di delapan ke-RW-an dan 4 kadusunan,”  jelas Endang.

Pelaksanaan pendistribusian bansos provinsi dimonitoring langsung oleh Babinsa serta Bahabinkamtibmas Desa Ciheulangtonggoh.

Salah seorang penyedia jasa angkutan ojek online, Adi (45 tahun) mengatakan, adanya bantuan tersebut membawa berkah bagi dirinya. Karena kantor pos mempergunakan jasa ojek online untuk mendistribusikan bansos tersebut kepada para penerima bantuan. (*)  

Print Friendly, PDF & Email