Sekda: Apapun Kendalanya, Bantuan Harus Tepat Sasaran

oleh -
Rapat terbatas pembahasan BPNT yang dipimpin Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri di aula Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Cisaat.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri mengatakan, apapun kendalanya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) harus tepat sasaran. Karena peruntukannya untuk warga kurang mampu, BPNT tidak boleh diberikan kepada warga yang mampu.

Pernyataan sekda itu disampaikan sekda ketika memimpin rapat terbatas BPNT di aula Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi, Cisaat, Selasa (16/4/2019). Iyos memaklumi dalam penyaluran BPNT, para petugas menemui berbagai kendala di lapangan. Namun hal itu jangan dijadikan dalih bagi terjadinya salah sasaran dalam penyaluran bantuan. 

“Meskipun dalam penyaluran BPNT menemui kendala di lapangan, kami harapkan bantuan ini harus tetap tepat sasaran,” tegas Sekda Kabupaten Sukabumi.

Rapat terbatas diinisiasi oleh Dinsos Kabupaten Sukabumi yang bertujuan untuk membahas bantuan sosial pangan nontunai dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya.

BPNT diberikan melalui mekanisme uang elektronik yang digesekkan pada mesin khusus. Nilai uang yang terdapat di dalam kartu digunakan untuk membeli bahan pangan kepada pedagang bahan pangan atau e-warong yang bekerja sama dengan bank konvensional milik pemerintah.

Kepala Dinsos Kabupaten Sukabumi, Hj. Teja Sumirat menjelaskan, di Kabupaten Sukabumi masih terdapat masyarakat yang tidak berhak menerima manfaat dari program BPNT. Kelompok masyarakat ini masih menerima bantuan. Untuk mengatasi hal itu diperlukan langkah-langkah dalam memperbaiki data KPM BPNT. (*)

Print Friendly, PDF & Email