KPU Kota Sukabumi Musnahkan 2.392 Lembar Surat Suara

oleh -
Ketua KPU Kota Sukabumi, Sri Utami (tengah) memimpin pembakaran surat suara rusak yang disaksikan perwakilan dari Bawaslu dan kepolisian.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

KPU Kota Sukabumi memusnahkan  2.392 lembar surat suara dengan cara dibakar di halaman belakang Kantor KPU Kota Sukabumi, Jalan Otto Iskandar Dinata Kota Sukabumi, Selasa (16/4/2019). Pembakaran logistik pemilu tersebut disaksikan oleh perwakilan dari Bawaslu Kota Sukabumi dan Polres Sukabumi Kota.

banner 720x90

“Surat suara yang dibakar itu dalam keadaan rusak. Kerusakan surat suara diketahui dari hasil proses sortir,” kata Ketua KPU Kota Sukabumi, Sri Utami ketika ditemui di lokasi pembakaran surat suara yang rusak.

Surat suara yang dibakar, ujar Sri, merupakan campuran dari surat suara Presiden,  DPR RI,  DPD RI,  DPRD Provinsi, dan DPRD Kota.  Bentuk kerusakan pada surat suara tersebut antara lain ada bercak-bercak,  ada gradatasi,  sobek,  serta garis melintang  baik vertikal maupun horisontal.

“Surat suara yang demikian itu kategorikan sebagai surat suara yang rusak dan tidak bisa digunakan,” kata Sri. 

Pemusnahan surat suara dilakukan pada H-1 berdasarkan surat edaran dari KPU RI Nomor 286/KPU Provinsi Jawa Barat.  Sejak siang, Sri dan jajaran komisioner KPU Kota Sukabumi menunggu surat edaran dari KPU RI sebagai dasar pemusnahan surat suara yang rusak.

“Setelah menerima surat edaran, kami langsung melakukan pemusnahan malam ini,” jelasnya.

banner 720x90

Adanya surat suara rusak atau tidak layak,  lanjut Sri, tidak mengganggu pendistribusian logistik pemilu ke semua TPS. Pasalnya KPU Kota Sukabumi sudah meminta kekurangan atas surat suara yang rusak. 

“Kebutuhan logistik atas surat suara yang rusak dan kekurangannya  sudah terpenuhi oleh KPU RI,” ucapnya.

KPU Kota Sukabumi juga telah menuntaskan pendistribusian logistik dan kelengkapan pemilu ke semua TPS. Jumlah TPS di Kota Sukabumi mencapai 1.061 TPS.  Dalam pendistribusian logsitik tersebut KPU Kota Sukabumi melakukannya sangat hati-hati karena cuaca diwarnai hujan yang cukup deras. (*)

Print Friendly, PDF & Email