Koalisi Hejo Ludeung Paten Mengusung Adjo

oleh -
Asep Supriatna dan Adjo Sardjono.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Koalisi Hejo Ludeung yang dibangun oleh PKB dan PPP Kabupaten Sukabumi sudah paten dan fix mengusung calon bupati Adjo Sardjono pada perhelatan Pilkada 2020. Saat ini, kedua parpol berbasis Islam itu sedang mencari mitra lain untuk diajak bergabung ke dalam Koalisi Hejo Ludeung.

banner 720x90

Hal itu disampaikan Ketua DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Asep Supriatna setelah menerima kunjungan silaturahmi Adjo Sardjono, Jumat (17/1/2020).  Secara khusus, Asep menerima Adjo di Sekretariat DPC PKB Kabupaten Sukabumi di Jalan Raya Cisaat, Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat.

“Hejo Ludeung yang merupakan gabungan PKB dan PPP telah bersepakat untuk mengusung Drs. H. Adjo Sardjono pada Pilkada nanti,” ujar Asep. 

Perjalanan Koalisi Hejo cukup panjang dan banyak tantangannya sebelum sampai pada keputusan untuk mengusung Adjo. Sampai pada akhirnya kedua partai telah menyampaikan usungan tersebut kepada DPW dan DPP masing-masing.

“Posisinya sekarang tinggal menunggu surat keputusan dari DPP.  Cuma usulan untuk pengusungan itu harus disertai nama calon wakil bupati,” tutur Asep. 

Dalam rangka menentukan calon wakil bupati yang paten, Koalisi Hejo Ludeung masih terus mencari mitra tambahan. Adjo sendiri, kata Asep, menyerahkan urusan nama calon wakil bupati kepada koalisi partai pengusung.

Tidak tertutup kemungkinan, lanjut dia, PKB dan PPP mendapat tambahan tenaga dari partai lain seperti Partai Gerindra, PKS, PDI Perjuangan, dan partai-partai yang lainnya.

“Kami terus melakukan komunikasi politik dengan partai lain untuk mencari calon wakil bupati yang akan dipasangkan dengan Pak Adjo. Tentunya calon wakil bupati itu haruslah figur yang terbaik dan terhebat yang bisa mendorong Pak Adjo menjadi pemenang Pilkada,” kata dia.

Asep juga mendengar informasi, rekan koalisinya di Hejo Ludeung akan menggelar musyawarah untuk menentukan nama cabup besok. Dan itu bisa dipastikan, nama yang akan diusung adalah Adjo, kata dia.

“Partai kami secara resmi akan memutuskan usungan pada minggu ini, kalau tidak ya minggu depan,” jelas Asep. 

Di tempat yang sama. Adjo Sadjono mengatakan, kedatangannya ke DPC PKB dalam rangka memenuhi undangan silaturahmi. Salah satu agenda pertemuan adalah pembahasan tindak lanjut usungan terhadap dirinya ke DPW PKB Jabar. Walaupun dalam pertemuan-pertemuan partai, usungan mengarah pada Adjo, secara formal dia harus mendapat keputusan dari partai.

“Kita tunggu saja keputusan dari DPW dan DPP. Kemudian kami sudah bersepakat bahwa untuk menentukan pendamping saya diserahkan kepada partai-partai yang akan berkoalisi,” kata Adjo. (*)

Print Friendly, PDF & Email