Dirindukan Bertahun-tahun, Jalan Bangbayang Diresmikan Bupati

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meresmikan hasil kegiatan peningkatan Jalan Bangbayang-Cimahpar di Desa Bangbayang, Kecamatan Tegalbuleud.

Wartawan Nanang Setiana

Setelah puluhan tahun menunggu, akhirnya warga Desa Bangbayang, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi dapat menikmati jalan mulus sepanjang ruas Bangbayang-Cimahpar. Sebelumnya ruas jalan ini dalam kondisi hancur-hancuran dan sulit dilewati kendaraan bermotor.

banner 720x90

Peresmian Jalan Bangbayang-Cimahpar yang telah diaspal dan mulus dilakukan oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, Kamis (16/1/2020). Warga menyambut kedatangan bupati dan acara peresmian jalan tersebut. Pada kesempatan itu, bupati mengatakan, Pemkab Sukabumi akan terus mengoptimalkan infrastruktur di pelosok untuk memudahkan akses dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jalan yang diresmikan ini merupakan jalan penghubung terdekat menuju Kantor Kecamatan Tegalbuleud. Melalui jalan ini, perjalanan ke kecamatan menjadi lebih cepat,” kata Marwan.  

Akses melewati Jalan Bangbayang-Cimahpar lebih mudah ketimbang harus memutar dengan melewati jalan utama yang jaraknya mencapai puluhan kilometer. Keberadaan jalan penghubung ini, ujar Marwan, juga dapat mempercepat pergerakan orang dan barang sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pengangkutan hasil pertanian ke luar desa menjadi lebih lancar.

“Dulu hasil pertanian tidak bisa dijual ke luar desa karena kondisi Jalan Bangbayang-Cimahpar rusak parah. Kini setelah jalan diperbaiki,  jaringan perdagangan terkait produksi pertanian terus meningkat,” ucapnya.

Sampai sekarang, lanjut bupati, Pemkab Sukabumi telah menyelesaikan pekerjaan peningkatan infrastruktur jalan sekitar 85 persen dari total jalan di Kabupaten Sukabumi sepanjang 1.400 kilometer. Sisanya akan terus diperbaiki dan ditingkatkan sampai benar-benar selesai seluruhnya.

Terhadap jalan-jalan yang sudah baik kondisinya, bupati meminta masyarakat agar turut memperhatikan dan memeliharanya. Dengan demikian jalan yang sudah baik dapat terus terjaga dan tahan lama.

“Bila perlu masyarakat berswadaya untuk membangun selokan agar sistem drainasenya menjadi baik. Masyarakat juga harus memperhatikan berat muatan yang melewati jalan ini,” tutur Marwan.

Kepala Desa Bangbayang, Asep Priatna mengatakan, peresmian jalan tersebut merupakan kado yang luar biasa pada tahun 2020. Dia dan warga Bangbayang merasa bangga atas peresmian Jalan Bangbayang-Cimahpar oleh bupati.

“Selama ini warga harus memutar dengan menempuh jarak puluhan kilometer  untuk mencapai kantor kecamatan. Biayanya sangat tinggi. Sekarang jaraknya cuma belasan kilometer dan warga bisa mengirit biaya perjalanan,” ujar Asep.

Sementara itu salah satu warga Desa Bangbayang, Anggi Hidayat menyatakan bersyukur  atas pembangunan dan peresmian jalan tersebut. Dia menyaksikan dengan mata kepala sendiri kondisi Jalan Bangbayang-Cimahpar menjadi bagus dan mulus, seakan mimpi yang menjadi nyata. Apalagi, ujar dia, peresmiannya oleh Bupati Sukabumi. 

“Kami yakin kondisi jalan yang mulus dapat memajukan desa kami. Terima kasih, Pak Bupati,” ungkapnya.

Acara peresmian jalan dirangkaikan dengan penyerahan 10 ribu bibit pohon produktif kepada masyarakat Bangbayang. Marwan ikut menanam pohon pada ruas Jalan Bangbayang-Cimahpar tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email